Ngeri, Varian Omicron Sudah Singgah di Bandara Changi Singapura

Changi Airport Singapore

JagatBisnis.com – COVID-19 Omicron asal Afrika Selatan sudah sampai ke bandara Changi, Singapura. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Singapura melaporakan, dua pelancong dari Johannesburg yang dites positif varian virus corona Omicron di Sydney, telah transit melalui bandara Changi.

“Kedua orang tersebut meninggalkan Johannesburg pada 27 November dengan penerbangan Singapore Airlines dan tiba di Changi pada hari yang sama untuk penerbangan transit mereka,” kata Kemenkes dalam sebuah pernyataan dilansir dari Reuters, Selasa (30/11/2021).

Padahal keduanya telah dites negatif untuk COVID-19 sebelum keberangkatan. Kemenkes mengatakan sebagian besar pelancong tetap berada di area transit di Bandara Changi. Dari tujuh orang yang turun, enam telah ditempatkan pada pemberitahuan tinggal di rumah selama 10 hari, sedangkan yang ketujuh, kontak dekat dengan individu yang terinfeksi dalam penerbangan, telah dikarantina.

Baca Juga :   Kasus COVID-19 Varian Omicron di Dunia Tembus 300 Juta

“Pelacakan kontak sedang berlangsung untuk staf bandara yang mungkin melakukan kontak sementara dengan kasus-kasus itu,” sebut Kemenkes.

Baca Juga :   Wagub DKI Sebut Penularan Omicron Paling Banyak di Perumahan

Otoritas Australia menyatakan bahwa dua penumpang yang dites positif pada saat kedatangan di Sydney telah divaksin sepenuhnya dan telah ditempatkan di ruang isolasi.

Baca Juga :   Kasus Omicron di Indonesia Melesat Tajam

Sebelumnya, sejumlah negara telah membatasi perjalanan masuk dari Afrika Selatan sejak ditemukan varian Omicron.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan varian itu membawa risiko lonjakan infeksi yang sangat tinggi. Namun belum ada laporan kasus kematian yang dikaitkan dengan varian baru itu.(pia)

MIXADVERT JASAPRO