Ini Penyebab Orang Obesitas Suka Mendengkur

JagatBisnis.com – Obesitas kini menjadi ancaman bagi setiap orang terutama di masa pandemi yang banyak keterbatasan untuk manusia bergerak.

Orang yang dinyatakan obesitas memiliki beberapa risiko terkena berbagai masalah kesehatan. Salah satunya mendengkur. Mengapa?

Dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Niken Ageng Rizki, Sp.THT-KL mengatakan, lingkar leher dari diameter jalan napas berpengaruh pada munculnya dengkuran.

Baca Juga :   Pentingnya Melakukan Perawatan Kecantikan “Miss V”

Lingkar leher ini antara lain dipengaruhi obesitas yang dialami seseorang. Kelebihan berat badan menyebabkan lebih banyak jaringan berkembang di tenggorokan yang dapat menyebabkan mendengkur.

“Obesitas yang berpengaruh pada lingkar leher dari diameter jalan napas,” katanya pada Sabtu, (20/11/2021).

Dengkuran atau gangguan bernapas saat tidur terjadi karena ada sumbatan di jalan napas. Suara parau yang muncul akibat getaran udara di langit-langit mulut atau tenggorokan.

Baca Juga :   Kenali Gejala Saraf Kejepit Sejak Dini

Penyebabnya henti napas atau apnea sehingga tubuh tidak menerima oksigen saat tidur akibat ada penutupan jalan napas, menyebabkan getaran pada tenggorokan atau jalan napas.

Sumbatan di hidung, belakang hidung, tenggorokan karena amandel, langit-langit, iritasi asam lambung, pembengkakkan pita suara dan dasar lidah berkontribusi pada kondisi mendengkur.

Lebih lanjut, mendengkur termasuk gangguan saat tidur atau Obstructive Sleep Apnea (OSA) dengan angka kejadian meningkat di usia tua baik itu pada laki-laki maupun perempuan.

Baca Juga :   6 Hal Ini Pengaruhi Efektivitas Vaksin COVID-19

Selain dengkuran yang kerap tak disadari penderitanya, mereka yang mendengkur umumnya saat malam juga kerap tersedak, batuk-batuk, tidur tidak nyenyak, sering buang air kecil (BAK).

Kemudian, karena tidur malamnya tidak berkualitas, maka saat bangun di pagi hari dia mengalami sakit kepala, mengantuk, sulit berkonsentrasi dan kelelahan.(pia)

MIXADVERT JASAPRO