135 Penerima Beasiswa Luar Negeri Kemenag Diberi Penguatan Bahasa dan Moderasi Beragama

Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Penyelenggara Program Persiapan Studi Lanjut

JagatBisnis.com – Kemenag memberi penguatan kompetensi bahasa asing bagi 135 dosen dan alumni Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) penerima beasiswa S2 dan S3 di luar negeri. Pembekalan yang dikemas dalam Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) berlangsung di Nusa Dua Bali.

Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani mengatakan program beasiswa harus didukung dengan persiapan yang tidak hanya membekali kemampuan bahasa asing, tetapi juga aspek akademik, pemahaman budaya, wawasan kebangsaan, termasuk moderasi beragama.

“Mereka yang akan belajar di kampus luar negeri akan membawa wajah Indonesia di hadapan dunia internasional,” kata Muhammad Ali Ramdhani saat membuka Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Penyelenggara PPSL, Jum’at (19/11/2021) di Nusa Dua Bali.

Baca Juga :   Bertemu Menteri Haji Saudi, Menag Diskusikan Persiapan Awal Haji 1444 H/2023 M

Guru Besar UIN Gunungjati Bandung ini menekankan agar pengelola beasiswa Kementerian Agama terus mengedepankan transparansi, integritas dalam proses seleksi, maupun program-program pendukung.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Amin Suyitno, mengatakan PPSL merupakan program inovatif yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi bahasa asing dan proposal riset penerima beasiswa.

Baca Juga :   Menag Ajak Masyarakat Amalkan Islam Ramah dan Damai

“Masalah kemampuan bahasa asing dan proposal riset menjadi salah satu titik lemah yang harus dibenahi dalam mempersiapkan program S2 dan S3. Sehingga, akan semakin banyak para dosen, tenaga kependidikan, dan alumni PTKI yang akan studi pada jenjang S2 dan S3 di berbagai kampus luar negeri,” terang Suyitno.

Baca Juga :   Kebanggaan Nadiazia Berkolaborasi Wujudkan ‘Mahakarya Vokasi’

Ketua PMU 5000 Doktor Luar Negeri Yeni Ratna Yuningsih melaporkan, PPSL pertama ini diikuti 135 peserta, yang akan tersebar di 11 perguruan tinggi penyelenggara. Program ini akan dilaksanakan selama satu bulan.

Hadir pada kegiatan ini, Kasubdit Akademik Syafi’i, Kasubdit Ketenagaan Ruchman Basori, Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan M. Sidik Sisdiyanto, Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Suwendi, Kasubbag TU Muhammad aziz Hakim, Tim PMU 5000 Doktor LN dan JFU lainnya.(srv)

MIXADVERT JASAPRO