Mahfud MD: Penerapan HAM Masih Menemui Banyak Masalah

Menko Polhukam Mahfud MD

JagatBisnis.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia Mahfud MD mengakui implementasi prinsip hak asasi manusia (HAM) dalam kehidupan sehari-hari masih banyak masalah.

“Penerapan HAM masih menemui banyak masalah. Mari kita perbaiki bersama-sama karena kita harus memandang ke depan, tidak boleh terbelenggu dengan keberadaan seperti sekarang,” kata Mahfud ketika memberi sambutan dalam pembukaan Festival Hak Asasi Manusia 2021 yang disiarkan di kanal YouTube Semarang Pemkot dikutip Antara, Rabu (17/11/2021).

Menurut Mahfud permasalahan kerap menjadi tantangan bagi penerapan prinsip-prinsip HAM di Indonesia adalah intoleransi, pemaksaan kehendak, dan berbagai permasalahan yang disebabkan oleh perbedaan antara masyarakat yang satu dan lainnya.

Baca Juga :   Reaksi Mahfud MD Islamofobia Mencuat di Pemerintah

Perbedaan tersebut tidak terbatas pada perbedaan latar belakang berupa suku, agama, maupun ras, tetapi juga melingkupi perbedaan pendapat dan pandangan. Padahal keberagaman seharusnya menjadi kekayaan dan kekuatan bangsa Indonesia.

Baca Juga :   Mahfud MD Pimpin Tim Pencari Fakta Tragedi Kanjuruhan

“Bangsa ini harus bersatu dan saling menghargai pluralisme dalam berbangsa dan bernegara untuk bergerak bersama di dalam mencapai tujuan nasional,” tuturnya.

Mahfud juga mengatakan bahwa orientasi pembangunan harus mendorong pembangunan ekonomi yang inklusif, serta mengedepankan aspek-aspek yang berkelanjutan, seperti bidang pendidikan dan kesehatan yang inklusif.

“Sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah terhadap kelompok-kelompok rentan dan minoritas, seperti perempuan, penyandang disabilitas, dan masyarakat adat,” ucap Mahfud.

Menko Polhukam ini juga memaparkan beberapa aspek yang perlu mendapat perhatian penting, seperti aspek pengaturan emosi, aspek pengendalian dorongan, aspek optimisme, aspek analisis penyebab dan akibat, aspek empati, hingga aspek untuk mencapai hal-hal yang positif.

Baca Juga :   Mahfud MD Sebut Kasus Pelanggaran HAM Tak Terselesaikan karena Bukti-bukti Hilang

“Aspek tersebut harus mendapat perhatian penting dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat, serta seluruh komponen masyarakat lainnya untuk bersama-sama membangun ketahanan masyarakat dengan soliditas dan solidaritas sebagai elemen kunci,” tutup dia. (pia)

MIXADVERT JASAPRO