Tekno  

Pertama di Indonesia, Panasonic GOBEL Luncurkan AC Inverter

JagatBisnis.com –  PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) untuk pertama kalinya memproduksi AC Inverter. Hal itu sebagai upaya mendukung program pemerintah, substitusi impor 35 persen dan peningkatan TKDN untuk mendukung penggunaan produk dalam negeri. Produksi perdana AC Inverter ini merupakan relokasi dari Panasonic Malaysia untuk pasar domestik, dan merupakan bentuk nyata dukungan kelompok usaha Panasonic-GOBEL terhadap program substitusi impor 35 persen.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran PT PMI atas dukungannya terhadap upaya pemerintah mendorong industri elektronikandengan terus berinovasi dan menambah lini produksi yang dapat bersaing di dalam negeri maupun global.

“Setelah memulai ekspor perdana mesin cuci ke Jepang pada September yang lalu, dan sekarang PT PMI melaksanakan produksi AC inverter, hal ini merupakan capaian prestasi tersendiri bagi PT PMI dan bentuk dukungan kepada pemerintah untuk memperkenalkan produk-produk dengan teknologi terkini kepada masyarakat. Selain itu, mendorong industri hijau melalui produk hemat energi,” kata Agus dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (16/11/2021).

Baca Juga :   Untuk Solusi Udara Berkualitas , Panasonic Luncurkan Complete Air Management Systems Terbaru

Sementara itu, Presiden Direktur PT PMI Tomonobu Otsu, mengatakan untuk berkontribusi terhadap Indonesia, pihaknya terus berupaya mengembangkan peralatan elektronika rumah tangga yang sesuai untuk masyarakat Indonesia. Selain itu, pihaknya juga berusaha memperluas produksi di dalam negeri sebagai bentuk untuk berkontribusi bagi negara Indonesia.

Baca Juga :   Panasonic Hadirkan AC Inverter Pertama Buatan Dalam Negeri Berteknologi Mutakhir nanoe™X

“Meskipun dengan keterbatasan industri komponen di Indonesia, produk-produk AC kami dikenal green product karena ramah lingkungan dan hemat energi. Sehingga dapat menjadi bukti, kami turut mendukung TKDN dengan mencapai nilai yang cukup tinggi. Beberapa diantaranya telah mencapai 40,” ungkapnya.

Dia mengakui, Unit Bisnis AC perusahaannya saat ini merupakan satu-satunya pabrik AC di Indonesia dengan kemampuan memproduksi secara penuh (full manufacture) dari bahan baku hingga produk jadi. Sehingga secara agresif terus meluncurkan produk-produk inovatif melalui slogan “Quality Air for Life”.

“Karena AC yang diproduksinya bukan hanya penyejuk ruangan, tetapi juga bisa memberikan udara yang nyaman dan sehat bagi penggunanya. Apalagi, saat ini telah tersedia produk-produk AC yang kami produksi ramah lingkungan dan hemat energi dengan berbasis refrigerant R32, serta dilengkapi teknologi “nanoeX” dan “nanoe-G” yang sangat baik untuk kesehatan,” terangnya.

Baca Juga :   Tingkatkan Kualitas Udara, KAI Kerjasama Dengan Panasonic GOBEL Lengkapi Kereta Sembrani Dengan Teknologi Nanoe™ X

Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, menyatakan pentingnya strategi untuk mendorong penggunaan produk lokal, melalui program fasilitas bagi produk yang sudah memenuhi TKDN 40 persen.

“Untuk itu, DPR menempatkan peningkatan TKDN sebagai salah satu agenda prioritas dalam berbagai rapat pembahasan, evaluasi kinerja, melalui rapat kerja dan rapat dengar pendapat di tingkat komisi, dengan kementerian dan lembaga, termasuk BUMN,” tutup Rachmat. (eva)

MIXADVERT JASAPRO