Jalur Ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi Pangkas Waktu Tempuh

JagatBisnis.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau pembangunan tahap 1 jalur ganda kereta api Bogor-Sukabumi, Minggu (14/11/2021). Peninjauan ini dilakukan bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.
Pembangunan tahap 1 dari Bogor – Cigombong ditargetkan selesai pada Maret 2022.

“Kedatangan kami untuk memastikan pembangunan infrastruktur transportasi, tetap berjalan di tengah pandemi sebagaimana arahan dari Bapak Presiden Joko Widodo,” kata Budi Karya dalam keterangan tertulis, Minggu (14/11/2021).

Dia menjelaskan, pembangunan jalur ganda KA Bogor-Sukabumi ini sangat dibutuhkan masyarakat. Karena tingkat kebutuhan mobilitas penumpang dan barang yang tinggi antar kedua kota tersebut. Maka, dengan adanya jalur ganda ini, nantinya akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari yang tadinya 2 jam menjadi hanya 1 jam 20 menit.

Baca Juga :   Ini Alasan Masyarakat Mudik Lebih Awal

“Sehingga dapat meningkatkan frekuensi KA penumpang dari 6 trip menjadi 12 trip dan frekuensi KA barang dari 2 trip menjadi 8 trip. Selain itu juga peningkatan jumlah rangkaian dari 6 menjadi 8 rangkaian,” ungkapnya.

Baca Juga :   Terminal Wae Kelambu Labuan Bajo Garapan Brantas Abipraya, Lulus Uji Sandar Kapal Perdana

Secara otomatis, lanjut Budi, dapat meningkatkan jumlah kapasitas penumpang dari 2844 orang per hari menjadi 5.688 orang per hari dan kapasitas angkut barang dari 648 ton per hari menjadi 2592 ton per hari.

Baca Juga :   Jalur Kereta Api Rute Naras-Sungai Limau Sumbar Dibuka 2023

“Dengan selesainya proyek tahap 1 jalur ganda KA Bogor-Cigombong, diharapkan angkutan penumpang dan barang bisa lebih produktif,” pungkas Budi. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO