Ribuan Tahanan di Nigeria yang Kabur Belum Tertangkap

Ilustrasi Penjara

JagatBisnis.com – Ribuan tahanan di Nigeria yang kabur dari Medium Security Custodial Center hingga kini belum tertangkap.

“Sebanyak 4.860 tahanan kabur selama terjadi serangan di pusat-pusat penahanan Nigeria sejak tahun lalu. Sejauh ini baru 984 tahanan yang kembali ditangkap, sedangkan 3.876 tahanan lain-nya masih buron,” kata Menteri Dalam Negeri Rauf Aregbesola dilansir dari Xinhua, Sabtu (13/11/2021).

Untuk membantu pelacakan tahanan yang kabur, pemerintah telah mengambil biometrik seluruh tahanan di negara tersebut agar para tahanan kembali ke rumah tahanan.

Baca Juga :   Pertambangan di Nigeria Diserang Komplotan Bersenjata

Sebelumnya dalam beberapa bulan terakhir terjadi serentetan serangan kelompok bersenjata di seluruh Nigeria, termasuk serangan terhadap fasilitas keamanan seperti kantor polisi dan pusat penahanan.

Baca Juga :   Pertambangan di Nigeria Diserang Komplotan Bersenjata

Pada 22 Oktober sebanyak 837 tahanan yang menunggu persidangan kabur dari Medium Security Custodial Center di daerah Abolongo di Negara Bagian Oyo pascaserangan terhadap fasilitas tersebut, menurut pernyataan Lapas Nigeria.

Baca Juga :   Pertambangan di Nigeria Diserang Komplotan Bersenjata

Aregbesola pada Kamis mengatakan bahwa Nigeria saat ini mempunyai 69.680 tahanan secara keseluruhan, dengan 50.223 masih menunggu persidangan. (pia)

MIXADVERT JASAPRO