Pentingnya Peran Ayah di Dalam Keluarga

JagatBisnis.com – Pada 12 November diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Ayah menjadi orang yang paling penting perannya dalam keluarga. Sebuah keluarga akan berjalan dengan baik karena adanya peran kerjasama antara ayah dan ibu. Peran penting ayah dalam keluarga sangat banyak dan besar dampaknya.

Sosok ayah tidak hanya menjadi kepala keluarga. Dia juga berperan menjadi pelindung dan panutan bagi buah hatinya. Ayah dan ibu bekerja sama untuk mengasuh anak dan ini sangat penting.

“Peran ayah dalam keluarga mendukung peran ibu dan pengasuhan anak sesungguhnya sangat penting,” kata Menteri Perempuan Perlindungan Anak (KemenPPPA), Bintang Puspayoga, dikutip dari laman resmi KemenPPPA, Jakarta, Jumat, (12/11/2021).

Baca Juga :   Tips Agar Hidup Menjadi Lebih Bahagia

Masih menurutnya, dukungan fisik dan emosial dari ayah sangat mendorong ibu untuk mengembangkan potensi dirinya agar bisa mengaktualisasikan diri. Ayah menjadi Pahlawan di dalam keluarga.

Baca Juga :   Ekstrak Kunyit Bisa Bikin Kulit Anda Putih dan Cerah

“Dengan menjadi Ayah yang SIAP, yaitu Smart, Inspirational, Active, Playful, dan menjunjung kesetaraan,” tambahnya.

Berikut adalah peran ayah pada keluarga yang bisa Anda simak:

1. Penyedia Segala Kebutuhan

Ayah sangat bertanggung jawab untuk penyedia segala kebutuhan dalam rumah. Tidak hanya memenuhi kebutuhan spiritual tetapi juga emosional serta materi.

Namun tidak semua apa yang diminta anak-anak harus dipenuhi para ayah. Ayah dan ibu harus memilah mana yang penting dan tidak untuk kehidupan keluarganya.

Baca Juga :   Inisiatif Wujudkan Sekolah Aman di Indonesia

2. Melatih Kedisiplinan

Ayah berperan penting dalam melatih kedisplinan di mulai dari rumah. Ayah berperan dalam memberikan pengajaran tentang arti kedisplinan.

3. Memberi Perhatian

Ayah sangat memiliki peran pemberi perhatian pada keluarga terutama anak-anak. Perhatian ini sangat besar artinya mula dari materi, pendidikan, agama, kesehatan dan emosional.(pia)

MIXADVERT JASAPRO