Hasil Survei: 63 Persen Masyarakat Menganggap Kesehatan Mental Kurang Ideal

JagatBisnis.com – Asia Pacific Health Inertia Survey 2021 diselenggarakan pada bulan Juli dan Agustus 2021 di 11 negara Asia Pasifik di antaranya Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Survei ini juga diikuti oleh 5.496 konsumen Herbalife Nutrition yang berusia diatas 18 tahun.

Survei tersebut mengungkap, 63 persen konsumen di Indonesia mengatakan kesehatan fisik mereka saat ini kurang ideal, dan ketika ditanya tentang kondisi kesehatan mental 60 persen responden juga merasa kurang ideal.

“Di antara mereka yang mengatakan bahwa kesehatan fisik mereka telah memburuk dibandingkan dengan 12 bulan yang lalu, sebagian besar mengaitkan dengan kurangnya aktivitas fisik,” kata Andam Dewi Senior Director and General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, saat temu media virtual, Jakarta, baru-baru ini.

Baca Juga :   Ini Penyebab yang Bisa Menimbulkan Obesitas

Sementara itu, ketika ditanya tentang rencana mereka untuk menerapkan kebiasaan hidup sehat dan aktif dalam 12 bulan ke depan, sebagian besar konsumen di Indonesia 99 persen mengatakan bahwa mereka berencana untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat, sementara 90 persen juga berencana untuk lebih sering berolahraga.

Untuk membantu mengambil langkah-langkah praktis untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental, berikut ada beberapa tips untuk olahraga rutin.

Baca Juga :   Agar Anak 5-12 Tahun Bisa Terbang dengan Aman, Begini Tips Alvin Lie

1. Melakukan olahraga minimal 150 menit dan dua kali latihan penguatan otot selama 1 minggu, misalnya, 30 menit per hari, lima hari dalam seminggu.

Latihan aerobik, seperti jalan cepat, berenang, atau jogging, meningkatkan kondisi kardiovaskular dan juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan membantu dalam pengelolaan berat badan.

Aktivitas penguatan otot, seperti angkat besi atau yoga, meningkatkan kekuatan, ukuran, kekuatan, dan daya tahan otot Anda.

Otot yang lebih kuat akan membantu menjaga kemampuan tubuh Anda untuk melakukan tugas sehari-hari dan memperlambat laju pengeroposan tulang dan otot yang terkait dengan penuaan.

Baca Juga :   Pasangan Tak Setia, Lebih Baik Dilepas dari Pada Menderita Nantinya

2. Membuat jadwal latihan untuk memantau perkembangan dengan memanfaatkan alat pelacak kebugaran.

3. Membuat tujuan kesehatan pribadi, ini bisa berupa tujuan harian, mingguan, atau bulanan tergantung pada frekuensi aktivitas Anda, untuk membantu tetap fokus dalam mencapainya.

4. Memanfaatkan opsi latihan online, terutama jika kesulitan mengakses gym atau pergi ke luar.

Dengan mempersiapkan beberapa peralatan latihan dasar di rumah seperti matras latihan, barbel, atau bahkan lompat tali, untuk meningkatkan pengalaman latihan di rumah. (pia)

MIXADVERT JASAPRO