Tenggelam Selama 1200 Tahun, Kano Kuno di Danau AS Diangkat

JagatBisnis.com –  Sebuah kano kuno dan masih utuh ditemukan di Danau Wisconsin, Amerika Serikat (AS), Pada Juni lalu. Kano kuno yang diperkirakan berusia 1200 tahun itu ditemukan seorang arkeolog maritim, Tamara Thomsen.

Tamara menceritakan awal penemuan kano tua itu. Menurutnya, saat ia bersama temannya, Mallory Dragt pergi untuk menjelajah bagian bawah danau itu dengan skuter bawah air. Saat sedang melakukan diving, keduanya melihat sesuatu yang tampak seperti logam yang mencuat dari dasar danau.

“Ketika saya selidiki lebih lanjut, ternyata itu adalah sebuah kano. Seperti kano tua,” katanya seperti dikutip The Guardian, Selasa (9/11/2021).

Baca Juga :   Lansia Nekat Bakar Rumah Tetangganya Sendiri

Menurutnya, nenek moyang Ho-Chunk Nation of Native American, yang dikenal sebagai People of the Big Water disebut membuat kano galian di daerah itu. Kano dibuat dengan membakar bagian dalam kayu gelondongan dan mengikisnya dengan batu.

“Mereka menebang pohon yang lebarnya dua setengah kaki kemudian melubanginya dengan batu agar membuatnya mengapung. Pekerjaan itu pasti membutuhkan waktu ratusan jam dengan kemampuan yang luar biasa. Apalagi, saat itu tidak ada peralatan modern,” tegasnya.

Skibo mengaku, takjub karena ini adalah temuan material organik pertama yang ditemukan secara utuh. Sebab biasanya, material organik menjadi rapuh dan hancur begitu terkubur. Namun, kano ini masih terpelihara dengan utuh lantaran berada di lingkungan yang selalu basah dan berada jauh dari cahaya matahari di dasar danau yang dalam.

Baca Juga :   Meresahkan, Warga Tebing Tinggi Tangkapi Monyet-monyet Liar

“Kano tua ini memiliki jaring dengan pemberat batu untuk menangkap ikan. Jaring sederhana ini ditaruh di bagian ujung kapal dan menjadi bukti kalau kapal ini memang sangat tua. Kano itu akan menjalani beberapa tahun perawatan untuk mencegah pelapukan dari mikroorganisme dan mungkin berakhir di museum Wisconsin Historical Society yang diusulkan di Madison,” bebernya.

Sementara itu, arkeolog negara bagian Winconsin, Jim Skibo, mengungkapkan, kano sepanjang 4,5 meter itu berusia lebih dari 1.000 tahun. Kano itu ditemukan sekitar 27 kaki atau lebih dari 8 meter di bawah air sebelum kemudian dibawa ke pinggir pantai pada pekan ini.

Baca Juga :   30 Warga Desa di Kodyel Tewas Ditembak Kelompok Bersenjata

“Ini adalah pertama kalinya benda ini keluar dari air setelah 1.200 tahun,” imbuhnya.

Direktur dan Kepala Eksekutif Wisconsin Historical Society, Christian Overland, menjelaskan,
kano itu adalah artefak yang luar biasa.

Sedangkan arkeolog lainnya, Amy Rosebrough mengatakan kano yang ditemukan itu sangat langka.
“Kami benar-benar tidak memiliki yang seperti ini dari Wisconsin,” imbuh Rosebrough. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO