BNPB: Seluruh Korban Banjir Bandang di Kota Batu Berhasil Ditemukan

Evakuasi material banjir bandang di Kota Batu, Jatim.

JagatBisnis.com –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu melaporkan, kembali ditemukan satu warga dalam kondisi tak bernyawa, hasil pencarian dan pertolongan kepada korban banjir bandang Kota Batu, Jawa Timur, hingga Sabtu, 6 November pukul 13.00 WIB. Plt.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari menjelaskan, dengan adanya penemuan tersebut maka korban yang dinyatakan meninggal dunia menjadi tujuh orang. “Atas penemuan itu pula, maka seluruh korban sudah ditemukan, baik yang ditemukan dalam keadaan selamat maupun yang tidak bernyawa. Adapun dua orang yang sebelumnya dilaporkan hilang ternyata terdata dua kali,” kata Abdul dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 6 November 2021. BPBD Kota Batu juga mendata bahwa banjir bandang telah berdampak pada 89 KK dan lima jiwa masih mengungsi di Gedung Kesenian Bulukerto.

Sementara itu, kerugian materil yang ditimbulkan atas kejadian bencana banjir bandang itu meliputi 35 unit rumah rusak, 33 unit rumah terendam lumpur, 73 unit sepeda motor rusak, 7 unit mobil rusak, 107 hewan ternak hanyut dan 10 kandang ternak rusak berat. Guna percepatan penanganan banjir bandang Kota Batu, jajaran pemangku kebijakan Kota Batu meliputi Wali Kota Batu, Wakil Wali Kota Batu, Kasrem, Kapolres Kota Batu, Dandim Kota Batu, Sekda Kota Batu, dan OPD terkait, telah menggelar rapat pembentukan posko darurat di Kantor Wali Kota.

Baca Juga :   Masyarakat Diminta Tak Sebarkan Info tentang Merapi Selain dari BPPTKG

Tanggap Darurat Hasil rapat tersebut ditetapkan bahwa periode tanggap darurat direncanakan selama 14 hari, terhitung tanggal 4-17 November 2021. Selain itu, Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana (SKPDB) juga segera disusun, dan Wakil Wali Kota Batu ditunjuk untuk memimpin penanganan darurat bencana banjir bandang Kota Batu. “Guna meringankan beban para penyintas, bantuan berupa logistik dan peralatan telah didistribusikan dan terus berdatangan dari BNPB, BPBD setempat, instansi terkait, dan unsur-unsur dunia usaha lain yang terlibat dalam penanggulangan bencana di Kota Batu,” ujarnya.

Baca Juga :   BNPB: Optimistis Dapat Cegah Covid-19 Gelombang Ketiga

Diketahui, Tim gabungan dari TNI, POLRI, Basarnas, SATPOL, BPBD Prov Jatim, BPBD Kota Batu, TAGANA, Dinas PUPR Prov Jatim, Dinas PUPR Kota Batu, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, BBWS Prov Jatim, relawan, mahasiswa, dan unsur pendukung lainnya, masih terus berupaya memberikan yang terbaik dalam penanganan bencana banjir bandang di Kota Batu. (pia)

Baca Juga :   Soal Penyebab Bencana di Minsel, BNPB Belum Pastikan Abrasi atau Likuefaksi

 

MIXADVERT JASAPRO