Satgas COVID-19 IDI: Suatu saat Nanti Masyarakat Tidak Perlu Dikarantina

JagatBisnis.com – Ketua Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 IDI Prof Zubairi Djoerban menjelaskan aturan-aturan tentang pencegahan penyebaran COVID-19 terus melalui evaluasi berdasarkan data dari epidemologi.

Terlebih melihat kasus di Indonesia yang terus melandai. Bukan tidak mungkin, kasus COVID-19 di Indonesia menjadi sangat rendah sehingga karantina pun tidak lagi diperlukan.

“Ya bayangan kita suatu saat bahkan tidak perlu karantina lagi tapi itu mungkin masih setahun lagi,” ungkap Zubairi seperti pada video singkat yang dia tampilkan di akun instagramnya @profesorzubairi, dikutip di Jakarta, Sabtu, (6/11/2021).

Baca Juga :   Kasus COVID-19 di Medan Belum Stabil

Belakangan, pemerintah menetapkan peraturan karantina bagi para pelancong dari luar negeri ke Indonesia hanya menjalankan tiga hari. Hal tersebut didukung dengan para pendatang dari luar negeri ke Indonesia harus memiliki dua kali dosis vaksinasi COVID-19.

Baca Juga :   7 Balita di Bangka Positif Covid-19

Sebelumnya, perlu diketahui adanya karantina untuk pelaku perjalanan luar negeri pernah sampai 14 hari. Kemudian menjadi delapan hari, setelah itu menjadi lima hari. Kini, menjadi tiga hari. Hal ini tentu melihat tidak adanya lonjakan kasus yang tinggi selama beberapa minggu belakangan ini.

Baca Juga :   WHO Umumkan Kematian Akibat Covid-19 Kembali Meningkat di Seluruh Dunia

“Kalau nanti terjadi kenaikan, harus diperketat lagi,” tambahnya. (pia)

 

 

MIXADVERT JASAPRO