Satu DPO KKB Papua Ditangkap Saat Beli Bensin

JagatBisnis.com – Satu orang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata Kali I yang buron atas nama Yentinus Kogoya yang merupakan anak buah dari pimpinan KKB wilayah Nduga, Egianus Kogoya, dan pimpinan KKB wilayah Yahukimo, Tendius Gwijangge, dicokok. Dia ditangkap di Jalur tiga Paradiso, Kota Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Selasa, 2 November 2021, kemarin.

“Kronologi kejadian berawal dari, pada hari Selasa tanggal 2 November 2021, pukul 10.00 WIT, Tim OPS Nemangkawi-Papua melakukan patroli di seputaran wilayah Kota Dekai-Yahukimo. Pada saat patroli, tim menerima laporan dari masyarakat bahwa salah satu kelompok KKB wilayah Nduga dan Yahukimo sedang berada di Kota Dekai-Yahukimo,” kata Kepala Satuan Tugas Hubungan Masyarakat Operasi Nemangkawi, Komisaris Besar Polisi Ahmad Musthofa Kamal, Rabu, 3 November 2021.

Hendak Membeli Bensin

Setelah dapat laporan dari masyarakat, tim langsung bergerak menyelidiki di wilayah pemukiman jalur tiga Kota Dekai. Pada saat melakukan penyelidikan, tim melihat DPO Yentinus Kogoya sedang berboncengan dengan saudara Benius Giban (19) yang hendak membeli bensin.

Baca Juga :   Kisah Tragis Nakes yang Jadi Korban Penganiayaan KKB

Kemudian, dengan bergerak cepat, tim menangkap Yentinus Kogoya bersama dengan Benius Giban. Setelah itu, keduanya dibawa ke ruang Reskrim Polres Yahukimo untuk dilakukan pemeriksaan.

“Dari hasil pemeriksaan awal terhadap DPO KKB itu, diketahui bahwa Yentinus Kogoya merupakan anggota KKB Nduga dan Yahukimo dan telah berada di Kota Dekai, Kabupaten Yahukimo-Papua, selama empat tahun dan dirinya bekerja di tambang yang berada di Kali I, Kabupaten Yahukimo,” katanya.

Dia menjelaskan Yentinus Kogoya adalah salah satu kelompok KKB wilayah Nduga pimpinan Egianus Kogoya, dan pimpinan KKB wilayah Yahukimo, pimpinan Tendius Gwijangge yang berperan sebagai penerjemah, penghubung dan bermain dalam media sosial. Selain itu dia juga pernah terlibat dalam acara bakar batu di Kali Braza yang dihadiri oleh kelompok KKB Yahukimo pimpinan Tendius Gwijangge.

Baca Juga :   DPR Dukung TNI-Polri Gaspol Tumpas KKB Tanah Papua

KKB Nduga dan Yahukimo

Yentinus Kogoya alias Kumis merupakan anggota KKB Nduga dan Yahukimo. Anggota KKB Yentinus Kogoya ini memiliki dua pemimpin KKB.

Dari hasil pemeriksaan, tim juga menyita sejumlah barang bukti berupa lima KTP elektronik atas nama Nus Haselo, Stephanus Pangalerang, Rutin Silakan dan Delius Gwijangge, satu SIM C atas nama Stephanus Pangalerang, satu kartu BPJS atas nama Stephanus Pangalerang, satu buah kartu ATM BRI, satu butir peluru kaliber 45 ACP, satu butir selongsong peluru kaliber 5,56, satu Kartu Amazone, tiga lembar kupon, uang sebanyak Rp75 ribu, satu buah dompet kulit, satu minyak urut, satu buah senter kepala, pinang kering dan kapur, serta satu buah moken dan satu buah cermin.

Baca Juga :   Begini Kronologi Anggota KKB Tewas Ditembak

“DPO KKB Yentinus Kogoya merupakan DPO Polres Yahukimo sejak bulan Juni 2021 dan dari pemeriksaan yang dilakukan oleh tim OPS Nemangkawi-Papua. Diketahui bahwa, DPO KKB Yentinus Kogoya adalah Kumis Kogoya berdasarkan hasil dari laporan polisi yang dikeluarkan oleh Reskrim Polres Yahukimo,” kata dia.

Pemeriksaan Intensif

Lebih lanjut dia mengatakan, tim hingga saat ini masih melakukan pemeriksaan intensif terkait keterlibatan Yentinus Kogoya dalam kelompok KKB Nduga dan Yahukimo yang berada di wilayah Kabupaten Yahukimo. Pasca penangkapan, Kamal memastikan situasi di Kabupaten Yahukimo aman dan kondusif.

“Kegiatan masyarakat berjalan seperti biasanya” kata dia lagi. (pia)

MIXADVERT JASAPRO