Inilah Alasan Aroma Mulut Tak Sedap Saat Bangun Tidur

JagatBisnis.com –   Saat bangun tidur, yang suka membuat orang minder itu aroma mulut yang tidak sedap. Padahal malamnya sudah menyikat gigi, tapi saat bangun tidur mulut masih saja berbau. Dr Stuart Farrimond dalam bukunya yang berjudul “The Science of Living”, menjelaskan penyebabnya.

Menurut dia, penyebab mulut berbau tidak sedap di pagi hari adalah gerombolan mikroba yang hidup di mulut. Karena kelenjar di pipi dan mulut pada siang hari menghasilkan satu liter air liur yang menakjubkan. Air liur ini mengandung sejumlah molekul pembunuh mikroba bersama bahan kimia pelindung gigi. Sehingga mikroba jahat menjadi tidak berbahaya.

“Saat tidur, aliran ini berkurang menjadi tetesan kecil dan mulut menjadi kering. Sehingga memungkinkan mikroba berkembang biak dan menempel pada gigi dan menciptakan lapisan plak,” ungkap Farrond.

Baca Juga :   Belum Divaksinasi Berisiko Terinfeksi Ulang COVID-19

Saat itulah, lanjutnya, mikroba berpesta dengan sisa makanan dan gula yang tersisa dari hari tersebut. Sehingga mikroba mengeluarkan gas yang berbau busuk yang menyebabkan bau mulut yang tidak sedap di pagi hari.

Baca Juga :   Ini Alasan Lansia Tak Boleh Sering Mandi

“Ada lagi yang makin memperparah bau mulut, yakni tidur dengan mulut terbuka. Napas akan berbau, jika hidung tersumbat oleh pilek atau demam. Oleh sebab itu, menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi mint bisa membantu menutupi bau mulut dan sarapan pagi merangsang produksi air liur,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO