Dilanda Hujan Lebat, Ruas Jalan Rangkasbitung-Muncang Longsor

JagatBisnis.com – Ruas jalan Rangkasbitung-Muncang di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, ditutup karena longsor setelah kawasan itu dilanda hujan lebat disertai angin kencang.

“Beruntung, longsor itu tidak menimbulkan kecelakaan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama, Sabtu, 30 Oktober 2021.

BPBD Lebak menutup jalan yang menghubungkan antarkecamatan itu karena sebagian badan jalan terkena longsor. Penutupan jalan untuk mencegah mobil dan sepeda motor melintasi jalan yang terdampak longsor karena cukup membahayakan.

Baca Juga :   Pemotor di NTT Alami Patah Tulang Usai Tertimpa Longsor

Akibat longsor itu masyarakat setempat terisolasi. BPBD telah melaporkan kejadian itu kepada Dinas Pekerja Umum untuk memperbaiki jalan agar dapat segera dilalui kendaraan dan masyarakat setempat tak terisolasi.

Saat ini cuaca buruk yang ditandai hujan lebat disertai angin kencang dan petir melanda wilayah Kabupaten Lebak. Bahkan, sejumlah ruas jalan di Rangkasbitung dilanda banjir yang mengakibatkan sejumlah sepeda motor dua mogok.

Baca Juga :   Tiga Korban Longsor di Gowa Berhasil Ditemukan

Cuaca buruk itu, kata dia, memasuki pancaroba dari musim kemarau ke hujan sehingga berpotensi longsor, banjir permukiman, dan puting beliung. Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan untuk mengurangi risiko bencana.

Baca Juga :   Puluhan Pengungsi Korban Longsor di Nganjuk Keracunan Makanan

Febby juga meminta pengemudi angkutan jika hujan lebat disertai angin kencang sebaiknya tidak melanjutkan perjalanan untuk menghindari kecelakaan. Sebab pepohonan di tepi jalan kondisinya rapuh dan berpotensi roboh.

Selain itu, banyak ruas jalan dengan kondisi curam sehingga berpotensi longsor. “Kami minta warga tetap waspada menghadapi La Nina itu agar tidak menimbulkan korban jiwa,” katanya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO