BNPB: Daerah Harus Lakukan Antisipasi Waspadai Dampak La Nina

JagatBisnis.com –  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta BPBD di 34 provinsi untuk mengambil langkah antisipasi menghadapi fenomena La Nina. Hal ini bertujuan mencegah dampak buruk bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang.

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi mengatakan, kesiapsiagaan pemerintah daerah dan masyarakat merujuk pada informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait potensi La Nina di Indonesia pada Oktober 2021 hingga Februari 2022. Fenomena tersebut merupakan anomali iklim global yang dapat memicu peningkatan curah hujan.

“Catatan historis menunjukkan, La Nina pada 2020 menyebabkan peningkatan akumulasi curah hujan bulanan di Indonesia 20-70 persen dari kondisi normalnya,” katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (30/10/2021).

Baca Juga :   La Nina Bertahan hingga Mei 2021, Musim Kemarau Terlambat Datang

Menurutnya, peningkatan curah hujan berpotensi memicu terjadinya bencana hidrometeorologi. Menyikapi potensi bahaya dampak La Nina, pihaknya berharap BPBD provinsi untuk mewaspadai dan menginstruksikan BPBD di tingkat kabupaten/kota melakukan langkah kesiapsiagaan.

Baca Juga :   BMKG Sebut Suhu Permukaan Laut di Pasifik Telah Lewati Ambang Batas La Nina

“Upaya dini yang dapat dilakukan, yaitu meningkatkan koordinasi dengan BMKG di daerah. Selain itu, pemantauan berkala informasi iklim dan perkembangan cuaca maupun peringatan dini cuaca ekstrem,” tegasnya.

Dia menjelaskan, BPBD juga perlu meningkatkan koordinasi antar dinas terkait untuk melakukan langkah kesiapsiagaan sesuai fungsi dan kewenangan. Kesiapsiagaan tidak hanya pada pemerintah atau aparatur kecamatan/desa, namun juga masyarakat. Apalagi, yang tinggal di lokasi rawan bencana.

Baca Juga :   La Nina Bertahan hingga Mei 2021, Musim Kemarau Terlambat Datang

“Kami berharap BPBD dapat melakukan sosialisasi sejak dini kepada warga, agar menjauh dari lembah sungai, lereng rawan longsor, pohon mudah tumbang, hingga tepi pantai. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO