Ekbis  

Bea Cukai Cirebon Gagalkan Peredaran 784.000 Batang Rokok Polos di Majalengka

JagatBisnis.com – Bea Cukai Cirebon melakukan penindakan terhadap sebuah truk yang diduga mengangkut rokok polos. Penindakan dilakukan oleh petugas pada Rabu (20/10) di Desa Sukaraja Kulon, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka.

“Dari informasi yang diperoleh Bea Cukai Cirebon, truk itu hendak mengirimkan rokok polos ke wilayah Majalengka,” ungkap Encep Dudi Ginanjar, Kepala Kantor Bea Cukai Cirebon.

Tim Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Cirebon kemudian melakukan pendalaman informasi di wilayah dimaksud. Bea Cukai Cirebon kemudian melakukan pemeriksaan terhadap truk yang telah menjadi target operasi.
“Pemeriksaan berlangsung di gudang tempat penyimpanan dan didapati 49 karton barang kena cukai yang tidak dilekati pita cukai dengan merek Lois Bold. Dari hasil perhitungan, 49 karton tersebut memuat 784.000 batang rokok polos jenis sigaret kretek mesin,” tambah Encep.

Baca Juga :   Sinergi Bea Cukai Pangkal Pinang dan BNNP Tindak Narkotika Seberat 1.150 gram di Kab. Bangka Tengah

Perkiraan nilai rokok polos tersebut mencapai Rp 999 juta, sementara potensi kerugian negara yang berhasil diamankan oleh Bea Cukai Cirebon adalah senilai Rp 419 juta.

Baca Juga :   Buka Peluang Ekspor Industri dalam Negeri, Bea Cukai Lakukan Sinergi Antarinstasi di Daerah

Aksi pelanggaran ini diduga melanggar pasal 54 dan/atau pasal 56 Undang-Undang No. 39 Tahun 2007 tentang Perubahan atas Undang-Undang No 11 Tahun 1995 tentang Cukai. Guna pemeriksaan lebih lanjut, Barang hasil penindakan kemudian dibawa ke Kantor Bea Cukai Cirebon. Sementara proses penyidikan dilanjutkan sesuai ketentuan yang berlaku.

Baca Juga :   Hasil Klinik Ekspor Bea Cukai Jengkol asal Sumbar dan Nipah dari Aceh Tembus Pasar Internasional

Encep menambahkan, “Bea Cukai mengimbau agar masyarakat turut dapat membantu aparat penegak hukum dalam memberantas peredaran rokok ilegal. Masyarakat dapat melaporkan kegiatan yang diduga melanggar dengan mendatangi langsung kantor Bea Cukai atau lewat Contact Center Bravo Bea Cukai 1500225.”(srv)

MIXADVERT JASAPRO