KPK: 86 Persen Koruptor Berpendidikan Tinggi

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron

JagatBisnis.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku miris dengan para pelaku korupsi di Indonesia. Sebab, kebanyakan dari mereka di Indonesia justru berpendidikan tinggi.

“86 persen koruptor merupakan alumni pendidikan tinggi atau S1 ke atas,” kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron kepada awak media, Selasa, 26 Oktober 2021.

Ghufron lebih jauh mengatakan para koruptor sudah terlalu pintar untuk tidak memahami tindakan koruptif. Atas dasar itulah, dia menilai rasuah terjadi karena minimnya doktrin sikap antikorupsi dari jenjang pendidikan.

Baca Juga :   Azis Syamsuddin Mulai Disidang Senin Depan

“Evaluasi terhadap pembelajaran di sekolah hanya terkait dengan kemampuan tulis, baca, hitung. Ujian nasional menjadi ukuran keberhasilan,” kata Ghufron.

Baca Juga :   Ada 91 Persen Instansi Masih Terima Gratifikasi

Ghufron berharap sekolah mengajarkan sikap antikorupsi sejak dini ke depannya. Pasalnya, para pelajar di Indonesia merupakan cikal bakal pejabat yang harus mempunyai integritas tinggi.

Baca Juga :   Anggota Dewas KPK Dilaporkan karena Langgar Etika

“Pendidikan bukan hanya transfer knowledge tapi meningkatkan kapasitas dan menumbuhkan rasa empati bagi masyarakat,” imbuhnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO