Khasiat Luar Biasa Daun Kelor dari Kesehatan Jantung sampai Atasi Darah Tinggi

Daun kelor atau moringa.

JagatBisnis.com –   Daun kelor selama ini lebih dikenal sebagai bahan pangan yang biasanya diolah menjadi sayur. Tidak hanya dapat diolah sebagai makanan saja, daun kelor diketahui juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Hasil studi menunjukkan, daun kelor dapat mencegah berbagai penyakit karena mengandung banyak nutrisi yang sangat penting. Salah satu manfaat dari daun kelor diketahui bahwa daun kelor dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Hal ini lantaran daun kelor mengandung kalsium, magnesium dan kalium yang cukup tinggi.

“Daun kelor mengandung kalium cukup tinggi dibanding pisang. Selain itu ada kalsium, magnesium, sangat membantu merelaksasi pembuluh darah, sehingga tekanan darah akan menurun,” kata Spesialis Gizi Klinik, dr. Feni Nugraha, MARS, M.Gizi, SpGK pada Selasa 26 Oktober 2021.

Baca Juga :   Ini Bahayanya Kecanduan Gadget pada Anak

Selain untuk mengatasi tekanan darah tinggi, daun kelor juga dapat menjaga kesehatan jantung. Sebab, kata Feni daun kelor mengandung antioksidan yang cukup tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga :   Jika Diabetes Memengaruhi Kaki Anda Lakukan 3 Tahap Ini

“Daun kelor ini antioksidannya cukup tinggi dalam daun kelor antioksidannya polifenol, fenolik, flavonoid, ini sangat baik untuk kesehatan jantung,” kata dia.

Selain itu, daun kelor kata Feni juga mengandung kalsium, kalium dan magnesium yang membantu menurunkan tekanan darah. Tidak sampai di situ saja, kandungan yang ada dalam daun kelor juga diketahui dapat menghambat penyerapan dari kolesterol di usus.

Baca Juga :   Ini Penyebab yang Bisa Menimbulkan Obesitas

“Betasitoseron kandungannya mirip kolesterol sehingga dapat menghambat penyerapan kolesterol di usus sehingga tekanan darah turun, kolesterol turun antioksidan tinggi sehingga baik untuk kesehatan jantung kita,” kata Feni.

Untuk mengonsumsi daun kelor agar mendapatkan manfaat bagi kesehatan jantung, dijelaskan Feni bisa mengonsumsi daun kelor dengan cara mengonsumsinya secara rutin.

“Gak bisa sekali makan, dikonsumsi rutin, diselipkan 1 mangkok sekitar 80-100 gram per mangkok,” ucap Feni.(pia)

MIXADVERT JASAPRO