Begini Strategi BPJS Kesehatan Hadapi Pandemi

JagatBisnis.com – Sektor kesehatan harus diselamatkan dari dampak pandemi Covid-19. Masalah kesehatan tetap menjadi prioritas utama karena menyangkut kesehatan masyarakat. Oleh sebab itu, BPJS Kesehatan memiliki strategi dalam menghadapi masa pandemi Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan dalam kegiatan ISSA Internal Meeting on Sickness Benefits Organized by TC Health, Selasa (19/10/2021).

“Sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), BPJS Kesehatan telah ditunjuk Pemerintah sebagai badan penyelenggara jaminan sosial di bidang kesehatan. Artinya, dengan hadirnya program JKN-KIS tersebut, seluruh masyarakat Indonesia bisa menjamin kesehatannya lewat program yang diselenggarakan BPJS Kesehatan,” kata Ghufron.

Baca Juga :   Data Peserta Bocor, Polisi Bakal Sita Server BPJS Kesehatan

Menurut dia, sistem jaminan sosial yang berlaku di Indonesia memiliki keuntungan tersendiri bagi masyarakat. Tidak terbatasnya usia dan bisa memperoleh jutaan manfaat dari sistem jaminan sosial tersebut merupakan keunggulan tersendiri bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan sosial.

“Selain itu, dengan situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, sistem jaminan sosial di Indonesia khususnya BPJS Kesehatan memiliki strategi khusus dalam pengelolaan pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien. Salah satunya dengan pemanfaatan layanan digital,” ungkapnya.

Baca Juga :   BPJS Kesehatan Surplus, Tapi Klaim Bayi Baru Lahir Belum Dibayar

Dia menjelaskan, pemanfaatan layanan secara daring mampu memudahkan, baik peserta JKN-KIS maupun fasilitas kesehatan dalam memanfaatkan dan memberikan pelayanan. Walau pandemi, pihaknya tetap terus meningkatkan inovasi berbasis digital untuk mempermudah pemberian layanan terhadap peserta.

“Di antaranyq, adanya layanan telekonsultasi bagi peserta, hadirnya display jadwal tindakan operasi, dan sistem antrean online yang terintegrasi ke dalam aplikasi Mobile JKN. Diharapkan, kami bisa memberikan kemudahan bagi peserta dalam mengakses pelayanan di faskes,” tegasnya.

Baca Juga :   Kini, Pasien BPJS Kesehatan Tak Bisa Tawar Kelas Kamar

Dia menambahkan, dalam aspek administrasi kepesertaan, BPJS Kesehatan telah menghadirkan program BPJS Siap Membantu (BPJS SATU!). Artinya, akan ada petugas BPJS Kesehatan dengan menampilkan identitas tertentu yang siap membantu peserta JKN-KIS jika mengalami kendala atau keluhan dengan pelayanan rumah sakit.

“Kami juga melakukan pemantauan dan koordinasi rutin dengan petugas rumah sakit untuk memastikan peserta JKN-KIS mendapatkan pelayanan yang berkualitas baik. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO