Tukul Harus Jalani Fisioterapi Tiga Kali Dalam Sehari

Tukul Arwana

JagatBisnis.com –  Setelah menjalani 24 hari perawatan di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON), Jakarta, akhirnya komedian Tukul Arwana diperbolehkan pulang. Meski begitu, dia harus tetap menjalani fisioterapi sehari tiga kali di rumah.

Manager Tukul Arwana, Ricky Simon menjelaskan, sesuai saran dokter, dia tetap memberikan perawatan intensif kepada Tukul di rumah termasuk fisioterapi agar kondisi kesahatan Tukul cepat pulih.

“Untuk kondisi sekarang sih pastinya membaik terus ya. Kenapa diperbolehkan pulang, karena bisa rawat jalan di rumah. Bisa fisioterapi di rumah. Jadi alhamdulillah, semakin ke sini semakin baik,” papar Ricky seperti yang dikutip di tayangan YouTube, Jakarta, Senin, (18/10/2021).

Baca Juga :   Benarkah Pengobatan Tukul Arwana Habiskan Miliaran Rupiah?

Masih menurutnya, fisioterapi tersebut sangat berguna untuk kesehatan pria yang memiliki nama asli Riyanto itu karena masih sulit berbicara dan tubuhnya kaku.

“Untuk berkomunikasi pasti butuh proses. Untuk komunikasi bicara masih terus kita ajak interaksi. Kita dampingi terus melalui fisioterapi wicara. Terus juga untuk gerakan, satu hari hampir tiga kali fisioterapi,” tambahnya.

Baca Juga :   Tukul Arwana Sakit, Keluarga: Bukan karena Vaksin

Meski begitu, Tukul bisa merespon sedikit demi sedikit ketika diajak berdialog. Respon yang dia berikan adalah dengan bergumam.

“Misalnya ketika ditanya, ini gimana mas, Oke? Komunikasih belum lancar. Masih bergumam. Sudah melakukan insyarat, seperti oke,” ujarnya.

Baca Juga :   Kondisi Terkini Tukul Arwana, Anak: Sudah Mulai Gerakkan Tangan

Tukul pun sudah bisa duduk, namun kalau berdiri dia masih butuh bantuan orang lain. Sehingga fisioterapi menjadi salah satu cara untuk mengembalikan kesehatannya secara perlahan.

Sebelumnya, Tukul Arwana dilarikan ke rumah sakit pada Rabu, 22 September lalu, kemudian menjalani operasi. Tukul mengalami pendarahan otak yang disebabkan oleh penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) yang tidak terkontrol, sehingga menyebabkan stroke. (pia)

MIXADVERT JASAPRO