Tekno  

WhatsApp Punya Kabar Baik untuk Pengguna Android dan iOS

WhatsApp.

JagatBisnis.com – WhatsApp mengumumkan enkripsi ujung ke ujung (end-to-end encryption) kini tersedia untuk cadangan (backup) percakapan. Enkripsi ujung ke ujung pada cadangan data percakapan tersedia untuk aplikasi di iOS dan Android, seperti dikutip dari situs The Verge, Minggu, 17 Oktober 2021.

Aplikasi pesan instan milik Facebook itu sudah lama memberikan perlindungan berupa enkripsi ujung ke ujung, namun, baru sebatas pada percakapan. Dengan enkripsi itu, pesan hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima, WhatsApp tidak bisa membaca isi pesan tersebut.

Fitur terbaru ini secara bertahap akan diberikan ke para pengguna, mereka harus menggunakan aplikasi WhatsApp versi terkini. Cadangan data percakapan WhatsApp disimpan di komputasi awan Google Drive atau iCloud bagi pengguna perangkat dari Apple.

Baca Juga :   Akun WhatsApp Jurnalis Palestina Diblokir, Pesan dan Data Hilang saat Pulih

Penyimpanan pada produk Google dan Apple ini berarti ketika pemerintah atau penegak hukum meminta, perusahaan bisa saja memberikan cadangan data tersebut. Melalui end-to-end encryption untuk cadangan data, secara teoritis hanya bisa diakses oleh pengguna karena membutuhkan kata sandi atau kunci enkripsi 64 digit.

Baca Juga :   WhatsApp Mulai Berlakukan Aturan Baru Usai Lebaran

Sebelumnya, WhatsApp sedang mengerjakan kontrol yang lebih terperinci untuk masalah pencadangan, sehingga pengguna dapat mengurangi ukuran riwayat obrolan yang mereka unggah tanpa menghapus media dari obrolan tersebut.

Situs WABetaInfo melaporkan bahwa fitur baru ‘Manage Backup Size’ memungkinkan pengguna Android untuk mengecualikan media tertentu agar tidak dicadangkan ke Google Drive. Mulai dari foto dan audio hingga video dan dokumen.

Baca Juga :   WhatsApp Tambah Tampilan Fitur Respon Jadi Empat

Saat ini, pengguna perlu mencadangkan semua elemen dalam obrolan mereka. Pengguna hanya dapat memilih akun Google mana yang akan dicadangkan, kapan melakukannya, dan pencadangan yang bisa dipilih hanya dilakukan melalui WiFi.

Dengan menentukan apa yang perlu dicadangkan, ukuran perpustakaan bisa sangat berkurang karena teks memakan lebih sedikit ruang daripada file media lain seperti video.(pia)

MIXADVERT JASAPRO