Percepatan Digitalisasi UMKM Program #KotaMasaDepan Diluncurkan

JagatBisnis.com –  Grab, Emtek dan Bukalapak secara resmi meluncurkan program #KotaMasaDepan. Program tesebut untuk mendukung percepatan digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, khususnya di kota-kota kecil.

Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan, melalui program ini pihaknya bekerjasama dengan Emtek dan Bukalapak untuk merangkul para UMKM. Sehingga para UMKM bisa memanfaatkan teknologi dan menjalankan usahanya di platform daring yang aman dan terpercaya.

“Kami percaya masa depan besar ada di kota kecil. Kami berharap inisiatif program ini dapat membuka pintu ke pasar yang lebih luas bagi mereka,” kata Neneng dalam peresmian #KotaMasaDepan secara virtual, Kamis (14/10/2021).

Baca Juga :   Hindari 5 Kesalahan Ini Agar Sukses Berbisnis di eCommerce ala Rico Huang dan Lazada

Dia menjelaskan, saat ini Kupang menjadi kota pertama penyelenggaraan program ini dan akan berlanjut secara bertahap di Solo, Gowa, Malang, dan Pekanbaru. Hingga akhir Desember 2021, ditargetkan ada 10 ribu UMKM yang memanfaatkan program ini.

“Program tersebut memiliki tiga prioritas utama yaitu vaksinasi terhadap para pelaku UMKM, adopsi platform digital melalui aplikasi Grab dan Bukalapak serta pemberdayaan UMKM melalui pelatihan dan pendampingan untuk pengembangan usaha melalui teknologi digital,” bebernya.

Baca Juga :   Jokowi: Peran UMKM dan Perempuan Mampu Wujudkan Ekonomi yang lnklusif

Sementara itu, Managing Director PT. Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek)
Sutanto Hartono menambahkan, pelatihan dan pendampingan terhadap pelaku UMKM di kota kecil tersebut dilakukan untuk memastikan pelaku UMKM dapat mengembangkan usaha dengan pesat.

“Sektor UMKM di luar kota metropolitan ini berpotensi menjadi kontributor bagi perekonomian digital di Indonesia yang besar dan berpotensi membuka lapangan kerja yang hilang akibat pandemi,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bukalapak Rachmat Kaimuddin menyatakan, pihaknya sangat bersemangat menjadi bagian dari program ini. Sehingga dapat membantu para pelaku UMKM tak hanya di kota-kota besar, tapi juga kota kecil di Indonesia.

Baca Juga :   UMKM Exhibition & Golf Tournament – “UMKM Naik Kelas"

“Hal tersebut, sesuai dengan misi jangka panjang platfrom kami untuk mewujudkan perekonomian yang adil dan merata. Karena kami yakin program ini akan memberikan dampak positif bagi para pelaku UMKM dan masyarakat pada umumnya. Kami juga berharap dapat membantu mendukung misi pemerintah untuk mendorong percepatan teknologi dan ekonomi digital di Indonesia,” tutupnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO