Wujudkan Reforma Agraria, BPN Tangsel Siap Membuat Terobosan untuk Masyarakat Jurangmangu Barat

JagatBisnis.com  – Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan menggelar Rapat Penyusunan Model Akses Reforma Agraria Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Jurang Mangu Barat di Aula Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan pada Senin (11/10/2021).

Rapat yang dipimpin oleh Kepala Kantor Kota Tangerang Selatan Harison sebagai dihadiri pula oleh Kepala Seksi Penataan dan Pemberdayaan, Kepala seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran, Kepala Seksi Pengadaan Tanah dan Pemberdayaan, Lurah Jurangmangu Barat, OPD terkait dan pihak perbankan.

Dalam rapat tersebut, Kepala Kantor menyampaikan bahwa Reforma Agraria sebagai bentuk hadirnya negara di tengah masyarakat untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses sumber – sumber agraria berupa aset dan akses.”Aset Reforma berupa tanah melalui Program PTSL, Redistribusi Tanah dan lain – lain serta Akses Reforma melalui fasilitasi masyarakat untuk mengakses sumber ekonomi melalui Program Pemberdayaan Masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :   Kini Mafia Mulai Menghidupkan Mesin untuk Menyerang Menteri Sofyan Djalil

Selanjutnya Kepala kantor mengatakan bahwa tujuan utama Reforma Agraria adalah agar tidak terjadi ketimpangan di masyarakat sehingga pada akhirnya tercipta Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga :   Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Ungkap Capaian Reforma Agraria dalam Penyelesaian Konflik Agraria dan Redistribusi Tanah

“jadi bagaimana kita sebagai perwujudan dari Negara hadir ditengah masyarakat Jurangmangu Barat” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kepala Seksi Penataan dan Pemberdayaan Syafrollah menjelaskan bahwa sebelum dilakukan Kegiatan Akses Reforma Agraria ini, Kelurahan Jurangmangu Barat sudah terlebuh dahulu dilakukan penataan aset melalui PTSL tahun 2017 – 2020. Adapun peserta Akses Reforma Agraria merupakan pengrajin konveksi yang sudah lama di Kelurahan Jurangmangu Barat.

Baca Juga :   Usai Idulfitri, Kementerian ATR/BPN Laksanakan Rakor Pusat dan Daerah

“Sebanyak 250 Kepala Keluarga telah kami Survei dan kami lakukan Pemetaan Sosial. Sehingga terpetakan yang menjadi kebutuhan dan harapan dari masyarakat pelaku usaha konveksi di Jurangmangu Barat” tutur Kasi.
.
“Semua tokoh masyarakat di Jurangmangu Barat sangat antusias dengan adanya kegiatan ini, dengan harapan agar usaha konveksi di Kelurahan Jurangmangu Barat kembali bergairah dan harapan untuk mewujudkan Jurangmangu Barat sebagai Kawasan Wisata Konveksi” Tambah Ma’mun Lurah Jurang Mangu Barat.(srv)

MIXADVERT JASAPRO