Cara Mudah Redakan Mulut karena Makan Pedas

JagatBisnis.com –   Siapa yang suka makan pedas? Masyarakat Indonesia ternyata suka makanan pedas karena kebanyakan menu khas makanan Indonesia menawarkan ragam olahan pedas.

Ini juga bisa menjadi kebiasaan turun temurun sejak kecil sudah mengkonsumsi makanan pedas dari makanan asal daerah kelahiran.

Indonesia yang kaya dengan aneka rempah juga dapat menjadi variasi olahan makanan pedas. Masyarakat Indonesia juga memiliki banyak pilihan seputar olahan makanan pedas. Lantas, bagaimana cara mengatasi rasa pedas yang ada di mulut usai konsumsi makanan pedas?

Baca Juga :   5 Alasan Mengapa Tidak Bisa Berhenti Makan Gula

Menurut Decsa Medika Hertanto sebagai dokter Spesialis Penyakit Dalam, ada tiga hal yang bisa Anda lakukan untuk meredakan mulut ketika konsumsi makanan pedas. Berikut adalah rinciannya.

1. Susu

Susu mengandung casein dan ternyata dapat membantu menghancurkan capsaicin, penyebab mulut kepedasan.

Baca Juga :   8 Minuman Ini Ampuh Turunkan Berat Badan

Casein adalah komponon protein utama pada susu. Sedangkan capsaicin adalah zat aktif pada cabai yang menimbulkan rasa pedas dan panas.

“Tapi hati-hati pada orang yang alergi dan sensitif susu, bisa jadi tambah susu tambah membuat nyeri perut,” tulis Decsa pada akun instagram pribadinya @dokterdecsa, Jakarta, dikutip pada Senin, (11/10/2021).

Baca Juga :   Prevalensi Hipertensi di Kalangan Milenial Meningkat, OMRON Ajak Deteksi Dini dan Perubahan Gaya Hidup

2. Air lemon

Ternyata capsaicin itu molekulnya bersifat basa, sehingga bisa dibuat seimbang dengan minuman yang asam dengan tujuan netralisir.

“Tapi hati-hati pada orang yang punya penyakit lambung, bisa jadi tambah membuat nyeri perut,” tambahnya.

3. Roti/Nasi

“Fungsi nasi di sini adalah memberikan penghalangan fisik antara capsaicin dan mulut,” ujarnya.(pia)

MIXADVERT JASAPRO