September 2021, Ikan Hias Bandung Tembus 33 Negara

JagatBisnis.com – Ikan hias menjadikan Bandung menjadi daerah pengekspor ikan hias tertinggi nasional. Terbukti, selama periode September 2021 hampir 2 juta ekor ikan hias asal Bandung diekspor ke 33 negara di dunia.

“Ini menjadi prestasi yang patut kita jaga dan tingkatkan,” kata Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Rina saat mengurai data Sistem Karantina Ikan (Siskarin) BKIPM, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (6/10/2021).

Menurutnya, selama periode 1-24 September, Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKIPM di Bandung juga telah menerbitkan 95 health certificate atau sertifikat kesehatan ikan. Nilai ekspor yang dihasilkan dari komoditas ikan hias tersebut mencapai Rp9,2 miliar.

Baca Juga :   Potensi Ekspor lkan Hias Indonesia Sangat Tinggi

“Ikan-ikan yang diekspor berasal dari unit usaha uang telah tersertifikasi IKI dan CKIB grade A dan B. Jadi bisa dipastikan bahwa ikan-ikannya memang kualitas bagus,” ungkapnya.

Baca Juga :   Potensi Ekspor lkan Hias Indonesia Sangat Tinggi

Dari ekspor tersebut, Rina menyebut ada 118 jenis hias yang menembus pasar global. Kendati demikian, posisi 3 besar ikan hias favorit pasar ekspor ialah tetra, rasbora, dan udang hias. Sementara Jepang, Amerika Serikat dan Singapura, menjadi 3 besar negara tujuan ekspor dari 33 negara.

Baca Juga :   Potensi Ekspor lkan Hias Indonesia Sangat Tinggi

“Guna menjaga tren positif ini, kita harus terus bersinergi dan berkolaborasi dengan para pelaku usaha. Diharapkan, dengan terjaganya tren ekspor ini, bisa mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat sekaligus membuka peluang usaha baru di tengah pandemi Covid-19,” tutup Rina. (eva)

MIXADVERT JASAPRO