Ekbis  

Bea Cukai Soekarno-Hatta Berikan Pembebasan Bea Masuk dan Pajak untuk Donasi Vaksin dari Italia

JagatBisnis.com –  Pemerintah Indonesia kembali menerima donasi 796.800 dosis vaksin AztraZeneca dari Pemerintah Italia, pada Kamis (30/09), yang diperoleh melalui skema kerja sama multilateral. Atas importasi vaskin ini, Bea Cuka Soekarno-Hatta memberikan fasilitas fiskal berupa pembebasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor.

Berlokasi di Gudang Rush Handling PT Jas, Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, Finari Manan didampingi Duta Besar Italia untuk Indonesia, H. E. Benedetto Latteri, serta Ida Bagus Made Bimantara selaku Direktur Eropa I Kementerian Luar Negeri, pada Kamis (30/09) meninjau secara langsung pembongkaran muatan enam pallet vaksin yang diangkut menggunakan maskapai penerbangan Singapore Airlines SQ956.

Finari memaparkan bahwa vaksin kali ini diimpor oleh Direktorat Tata Kelola Obat Publik Dan Perbekalan Kesehatan Kementerian Kesehatan. Vaksin termasuk barang yang menjadi kebutuhan mendesak di masa pandemi ini, maka Bea Cukai Soekarno-Hatta memberikan fasilitas Rush Handling atau penanganan segera.

Baca Juga :   Sosialisasi, Upaya Bea Cukai Maksimalkan Pengawasan dan Penerimaan Sektor Cukai

Selain itu, Bea Cukai Soekarno-Hatta juga memberikan fasilitas fiskal, antara lain pembebasan Bea Masuk dan/atau Cukai, tidak dipungut PPN, dan PPh Pasal 22 Impor, yang pada importasi kali ini diperkirakan sebesar 10,4 miliar rupiah. Hal tersebut dikarenakan vaksin termasuk kategori barang penanganan Covid-19, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan no PMK-188/PMK.04/2020.

Baca Juga :   Kinerja Ekonomi Menguat, Pertumbuhan Ekspor dan Impor Bulan Agustus Tertinggi Sepanjang Masa

“Lebih rinci, Bea Masuk yang dibebaskan sebesar 2.317.644.000, PPh yang dibebaskan sebesar 3.476.466.000, dan PPN yang tidak dipungut sebesar 4.635.288.000. Pembebasan atas impor vaksin ini, tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Keuangan (SKMK),” tambahnya.

Baca Juga :   Bea Cukai Bogor Tangkap Tangan Seorang Pemuda Penerima Paket Narkoba

Di kesempatan yang sama, H. E. Benedetto Latteri menyampaikan apresiasi ucapan terima kasih atas layanan prima Bea Cukai Soekarno-Hatta dalam melancarkan impor vaksin sebagai bentuk dukungan dalam memerangi virus Covid-19.(srv)

MIXADVERT JASAPRO