Perkuat Manajemen dan Tingkatkan Program Prioritas Menjadi Fokus Kementerian ATR/BPN Tahun 2022

Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil

JagatBisnis.com – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mengikuti Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi II DPR RI pada Senin (20/09/2021) bertempat di Ruang Rapat Komisi II Gedung Nusantara DPR RI. Adapun bahasan utama pada pertemuan kali ini adalah Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2022 serta penetapan terkait pagu anggaran Kementerian ATR/BPN tahun 2022 menjadi pagu alokasi anggaran atau pagu definitif.

Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil berkata bahwa berdasarkan hasil pembahasan Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi II DPR RI pada 25 Agustus 2021 lalu, telah disetujui pagu anggaran Kementerian ATR/BPN tahun anggaran 2022 yaitu sebesar Rp8.003.434.525.000,- (delapan triliun tiga miliar empat ratus tiga puluh empat juta lima ratus dua puluh lima ribu rupiah). Ia berkata bahwa pagu indikatif tahun anggaran 2022 terdapat kenaikan sebesar Rp 41.196.000,- (empat puluh satu juta seratus sembilan puluh enam ribu rupiah) atau 0,001% dari total anggaran tahun 2022.

Sofyan A. Djalil juga menceritakan kilas balik terkait penyerapan anggaran Kementerian ATR/BPN tahun 2020 serta predikat WTP yang diraih. Ia berkata bahwa pada tahun 2020, Kementerian ATR/BPN mencapai target 83,75% dari pagu. “Alhamdulillah Kementerian ATR/BPN mendapat anugerah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada tahun 2021, sehingga total mendapat WTP delapan kali berturut-turut sejak tahun 2013. Kendala pada tahun 2021 ini jelas ada, seperti pemberlakuan PPKM, tapi Insha Allah kami akan mencapai target dan lebih baik dari pada tahun 2020,” jelas Sofyan A. Djalil.

Baca Juga :   Langkah Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria, Menteri ATR/Kepala BPN Perkuat Sinergi Antar Kementerian/Lembaga

Anggota Komisi II DPR RI, Anwar Hafid dalam tanggapannya mengapresiasi jalannya salah satu program strategis Kementerian ATR/BPN yaitu Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Ia berkata bahwa PTSL ini manfaatnya dirasakan oleh masyarakat luas terutama di masa pandemi seperti ini. Ia juga mengapresiasi Menteri ATR/Kepala BPN beserta jajaran Kementerian ATR/BPN yang sangat responsif dalam mendukung jalannya PTSL di daerah, dibuktikan dengan animo masyarakat yang cukup tinggi.

Baca Juga :   Hadiri Rakernas PB Forki, Hadi Tjahjanto Apresiasi Karateka Nasional dan Lantik 17 Pengprov PB Forki

“PTSL menjadi primadona kami ketika kami melakukan sosialisasi di daerah. Terutama sosialiasi program strategis yang tengah digencarkan oleh Kementerian ATR/BPN. Terima kasih Pak Menteri telah mengikutsertakan kami dalam sosialisasi dan pembagian sertipikat hak atas tanah masyarakat, salah satunya di Kab. Morowali, Sulawesi Tengah. Ini menjadi bukti bahwa Kementerian ATR/BPN sebagai mitra Komisi II DPR RI benar-benar berjuang bersama,” ujar Anwar Hafid.

Baca Juga :   Menteri Sofyan A. Djalil Tinjau Proyek Pembangunan Tanggul Pengaman Pantai

Di akhir agenda, Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil kembali mengemukakan responnya terkait diskusi dan dan dengar pendapat bersama Anggota Komisi II DPR RI. Ia mengucapkan terima kasih atas respon yang sangat relevan, sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan pertanahan. Menteri ATR/Kepala BPN juga menegaskan terkait program seperti PTSL untuk terus menjadi layanan prioritas, sebagai tujuan untuk kepastian hukum di bidang pertanahan.

Sebagai kesimpulan, dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Saan Mustopa, Komisi II DPR RI menyetujui pagu anggaran Kementerian ATR/BPN sebesar Rp8.003.434.525.000,- (delapan triliun tiga miliar empat ratus tiga puluh empat juta lima ratus dua puluh lima ribu rupiah), untuk ditetapkan sebagai pagu alokasi anggaran (pagu definitif) Kementerian ATR/BPN tahun 2022.(srv)

MIXADVERT JASAPRO