Ekbis  

Lewat Peningkatan Sinergi Bea Cukai Berkomitmen Optimalkan Pengawasan dan Penerimaan Negara

JagatBisnis.com – Upaya peningkatan sinergi untuk meningkatkan efektivitas pengawasan dan pelayanan terus dilakukan Bea Cukai. Selain dengan aparat penegak hukum, Bea Cukai juga menggandeng asosiasi dan masyarakat guna meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan di bidang kepabeanan dan cukai.

“Selain untuk meningkatkan efektivitas pengawasan, pelayanan, dan kepatuhan. Upaya menjalin sinergi juga dapat meningkatkan potensi penerimaan negara,” ungkap Tubagus Firman Hermansjah, Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai.

Kegiatan peningkatan sinergi lewat koordinasi kali ini dilakukan oleh Bea Cukai Batam dan Bea Cukai Malang. Bea Cukai Batam menggelar rapat koordinasi yang membahas pengawasan Pelabuhan di Kawasan bebas Batam dengan mengundang delapan instansi pemerintahan terkait. Rapat koordinasi peningkatan sinergi tersebut membahas upaya-upaya peningkatan efektivitas pengawasan, pemanfaatan sarana prasarana pengawasan, dan langkah perbaikan pengawasan di Pelabuhan Batam.

Baca Juga :   Bea Cukai Malili Bongkar Tiga Upaya Penyelundupan Narkotika

Rapat tersebut dihadiri oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam, Dinas Perhubungan Kota Batam, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam, Komando Distrik Militer (Kodim) Batam, Dit. Polairud Polda Kepri, Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Polresta Barelang, dan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam.

Baca Juga :   Berantas Rokok Ilegal, Bea Cukai Gelar Sosialisasi Cukai di Yogyakarta, Magelang, dan Purwokerto

Selain menjalin sinergi dengan instansi pemerintahan lainnya, Bea Cukai juga berupaya konsisten bersinergi dengan asosiasi pengusaha. Salah satunya yang dilakukan oleh Bea Cukai Malang yang mengadakan kujnungan ke Gabungan Perusahaan Rokok Malang (Gaperoma).

Dalam diskusi tersebut pihak Gaperoma menyatakan kendala yang tengah dialami, antara lain kenaikan tarif cukai rokok serta kondisi lapangan yang tidak menentu akibat pemberlakuan PPKM untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

Baca Juga :   Bea Cukai Lepas Ekspor Perdana Kopra Putih Hingga Rempah-rempah

Untuk memastikan para pelaku usaha dapat tetap menjalankan usahanya, Bea Cukai berkomitmen untuk meningkatkan pengawasan terhadap peredaran barang kena cukai ilegal. “Bea Cukai juga senantiasa berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik dan memastikan para pelaku usaha yang taat terhadap ketentuan perundang-undangan mendapatkan tempat untuk menjalankan usahanya,” pungkas Firman.(srv)

MIXADVERT JASAPRO