Kolaborasi BUMN, Brantas Abipraya Bantu Air Bersih di Sukabumi

Dengan meluncurkan Air Bersih "Smart Water" bagi semua, lima BUMN ini beromitmen untuk membantu masyarakat luas di Desa Cidadap agar terhindar dari sulitnya mendapat akses air bersih.

JagatBisnis.com  – PT Brantas Abipraya (Persero) bersama Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan empat BUMN lainnya mendukung terwujudkan air bersih di Desa Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Berkolaborasi dengan Indra Karya, Wijaya Karya, Pembangunan Perumahan (PP), dan Jamkrindo, program air bersih ini pun diresmikan langsung di Sukabumi oleh Asisten Deputi TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) Kementerian BUMN, Agus Suharyono (28/8).

“Program bantuan ini ditujukan dalam rangka memberikan solusi ketersediaan sarana dan prasarana air bersih di Desa Cidadap guna mendukung program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) untuk mengurangi daerah yang kekeringan nasional,” ujar Miftakhul Anas, Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya.

Dijelaskan juga oleh Anas bahwa perubahan iklim mempengaruhi ketersediaan air sebagai kebutuhan dasar bagi masyarakat di Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. Hal ini membuat penurunan kapasitas, kualitas dan kontiunitas air baku. Lokasi pemukiman yang tersebar di Cidadap pun membuat masyarakat kesulitan mendapatkan akses air bersih.

Baca Juga :   Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadan, Brantas Abipraya Bantu Anak Yatim dan Dhuafa

Dengan meluncurkan program Air Bersih “Smart Water” bagi semua, lima BUMN ini berkomitmen untuk membantu masyarakat yang berada di lima Dusun-Desa Cidadap, sehingga diharapkan dengan adanya teknologi Smart Water System ini masyarakat tak lagi merasakan susahnya mendapatkan air bersih. Tidak hanya itu, program ini pun juga bakal mendorong pertumbuhan ekonomi, karena melalui kegiatan ini, masyarakat juga dilibatkan sebagai pengelola bantuan sarana dan prasarana air bersih yang terbentuk dalam kelompok usaha masyarakat desa (BUMDes). Warga Cidadap juga tak perlu resah dihampiri banyak penyakit setelah diresmikannya program air bersih ini. Pasalnya, sistem air pintar ini dapat mendorong perilaku bersih hidup sehat (PHBS) sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan dan hidup masyarakat sekitar.

Baca Juga :   Brantas Abipraya Siap Berkontribusi Penuh Mendukung Kinerja Kepengurusan Baru KNI-BB

Dengan menempatkan satu Water Treatment Plant (WTP), teknologi ini dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk 6.158 kepala keluarga yang tersebar di Desa Cidadap dengan luas wilayah 1.473,165 Ha melalui lima tempat distribusi air bersih.

Baca Juga :   Mengintip Bendungan Karya Brantas Abipraya yang Baru Diresmikan Presiden

“Sebagai wujud budaya AKHLAK BUMN, kolaborasi kami ini semoga dapat terus terangkai kedepannya sehingga dapat membantu banyak masyarakat dalam meraih TPB, tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, pendidikan berkualitas serta air bersih dan sanitasi layak,” tutup Anas. (srv)

MIXADVERT JASAPRO