Ekbis  

Percepat Akselerasi PEN, Bea Cukai Kembali Beri Fasiltas Kawasan Berikat

JagatBisnis.com – Usaha mengakselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional terus dilakukan oleh Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan, salah satunya adalah dengan memberikan fasilitas Kawasan Berikat kepada PT Ocean Champ Seafood (PT OCS) pada beberapa waktu silam.

PT OCS yang bergerak di bidang pengolahan hasil perikanan telah berdiri sejak tahun 2008 dan telah terdaftar sebagai eksportir yang merambah pasar di benua Amerika, Eropa, dan Asia dengan produk utama Pasteurized Crabmeat.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan, Nugroho Wahyu Widodo, mengatakan bahwa Bea Cukai senantiasa hadir untuk memfasilitasi pelaku usaha baik secara langsung maupun tidak langsung. Fasilitas Kawasan Berikat juga merupakan fasilitas yang diberikan Bea Cukai kepada pelaku usaha untuk dapat memberikan dampak positif bagi usaha yang dijalankan.

Baca Juga :   Bea Cukai Beri Edukasi Cukai di Magelang dan Semarang

“Bea Cukai senantiasa hadir sebagai representasi Negara. Fasilitas Kawasan Berikat diharapkan dapat memberi dampak ekonomi yang positif bagi perusahaan dan masyarakat secara umum. Bagi perusahaan sendiri, fasilitas Kawasan Berikat tentu akan memberi kemudahan proses importasi, menghemat biaya perpajakan guna menciptakan harga yang kompetitif, menjaga arus kas perusahaan, serta diharapkan mampu memberi peningkatan efisiensi dalam kegiatan ekspor-impor,” ungkap Nugroho.

Baca Juga :   Bea Cukai Berikan Dukungan Kegiatan JCET Vector Balance Iron dan ASEAN Para Games 2022 Melalui Layanan Kepabeanan

Kegiatan yang kemudian dilakukannya tahap pemaparan proses bisnis perusahaan menjadi tahap akhir sebelum diambil keputusan dilaksanakan secara daring. Setelah pertimbangan dan pemenuhan kewajiban oleh PT OCS, maka pemberian fasilitas kawasan berikat pun dilakukan.

Baca Juga :   Mudahkan Stakeholders Transaksi Pungutan Negara, Bea Cukai Luncurkan Layanan QRIS di Bali

Bagi Negara, fasilitas ini dapat mendorong peningkatan rasio ekspor, meningkatkan devisa Negara, hingga peningkatan daya serap tenaga kerja. Multiplier effect yang dihasilkan oleh pemberian fasilitas ini diharapkan akan membawa kebaikan buat seluruh lapisan masyarakat. Hal seperti ini ibarat menanam pohon, kita sirami pohonnya, kita rawat, kita jaga, kita kembangkan, sehingga nantinya akan menghasilkan buah yang baik yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat di sekitarnya,” tutup Nugroho.(srv)

MIXADVERT JASAPRO