Ade Yasin Ajak Kader HMI Kabupaten Bogor Aktif Mengabdi Kepada Masyarakat

JagatBisnis.com – Bupati Bogor, Ade Yasin mengajak kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Bogor untuk produktif dan berperan aktif mengabdi kepada masyarakat. Hal tersebut dikatakannya pada acara penutupan Intermediate Training (Latihan Kader II) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bogor tahun 2021 secara virtual, Jumat (20/8).

Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan, ditengah kondisi pandemi, mahasiswa sebagai generasi terdidik semestinya mampu berkontribusi dengan keilmuan yang dimiliki dengan melakukan aksi nyata.

“Seperti sosialisasi vaksinasi melalui media sosial, membantu promosi produk UMKM untuk pemulihan ekonomi, kampanye protokol kesehatan, serta dapat mengembangkan kegiatan ekonomi kreatif,” kata Ade.

Baca Juga :   Ade Yasin Ajak Milenial Kabupaten Bogor Ikut Serta Membangun Bogor melalui Bogor Leaders Talks 2021

HMI, lanjut Ade, sebagai organisasi kemahasiswaan, diharapkan produktif dan berperan aktif dalam berbagai upaya memperkuat kapasitas masyarakat melalui sumbangsih pemikiran pada berbagai diskursus yang bermutu.

“Seperti aksi kemanusiaan dan pengembangan intelektual kreatif yang mengembangkan nilai-nilai islam yang egaliter, inklusif dan toleran serta memiliki spirit pengabdian kepada masyarakat,” ungkap Ade Yasin.

Baca Juga :   Bupati Bogor Tinjau Pembangunan Jalan Samisade Sepanjang 6.710 Meter Di Kecamatan Rancabungur

Ade menambahkan, HMI dapat dikatakan sebagai salah satu organisasi mahasiswa yang tidak pernah surut perannya dari peta organisasi ekstra kampus, di berbagai universitas di seluruh Indonesia. Ribuan kader HMI telah terbukti sukses dalam karir selepas kuliah.

“Para aktivis HMI juga dikenal pandai berdialektika, karena terbiasa berdiskusi, dikenal mampu memacu pola pikir para kadernya untuk berpikir lebih kritis, bertanggung jawab dan ilmiah,”tuturnya.

“David Mcclelland (1973) seorang ahli dari Harvard University, dalam bukunya Testing For Competence Rather Than For “Intelligence” mengatakan bahwa kompetensi seseorang itu setidaknya dilihat dari 3 hal : Knowledge (Pengetahuan), Skill (Keterampilan), dan Attitude (Sikap), sehingga pengetahuan dan kemampuan berdialektika perlu diikuti dengan keterampilan dan sikap/etos kerja yang baik,” tambah Ade.

Baca Juga :   KPK Panggil Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan Terkait Kasus Ade Yasin

Bupati Ade Yasin berharap, semoga kader HMI mampu mengembangkan kapasitas diri dan mampu berkiprah mengakselerasi organisasi demi terwujudnya insan cita yang paripurna intelektual religius. Mampu berkontribusi bagi kemajuan umat, masyarakat, bangsa dan negara. (boy)

MIXADVERT JASAPRO