26 WNI di Afganistan Berhasil Dievakuasi oleh Pemerintah Indonesia

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

JagatBisnis.com – Pemerintah Indonesia sukses memindahkan sebesar 26 masyarakat negeri Indonesia( WNI) untuk pergi dari Afghanistan yang sedang diterpa darurat keamanan setelah pengambilalihan kewenangan oleh kelompok Taliban.

” Alhamdullilah, Penguasa Indonesia telah sukses memindahkan WNI dari Keikhlasan, Afghanistan dengan pesawat Tentara Nasional Indonesia(TNI) Angkatan udara,” tutur Menteri Luar Negara, Retno Marsudi, di akun sah Twitternya, Jumat 20 Agustus 2021.

Menlu Retno melalui cuitannya di Twitter mengatakan kalau pesawat Tentara Nasional Indonesia(TNI) Angkatan udara(AU) yang membuat para WNI yang dievakuasi dari Keikhlasan, Afghanistan sudah terletak di Islamabad, Pakistan untuk meneruskan penerbangan ke Indonesia.

Baca Juga :   Dalam 24 Jam, 150 Tentara Afghanistan Tewas Diserang Taliban

Tim pemindahan telah sukses membuat pergi sebesar 26 orang WNI termasuk karyawan KBRI Keikhlasan, 5 masyarakat Filipina, dan 2 masyarakat Afghanistan, ialah suami dari WNI dan karyawan lokal KBRI Keikhlasan.

Sebelumnya, Penguasa Indonesia merancang pemindahan WNI dari Afghanistan, menyusul memburuknya suasana keamanan di negeri itu setelah Bunda Kota Keikhlasan didapat ganti gerilyawan Taliban pada Minggu 15 Agustus 2021.

Baca Juga :   WNI dari Negara Varian Omicron Tidak Dilarang Masuk ke Indonesia

Pihak Departemen Luar Negara RI dan KBRI Keikhlasan juga telah melakukan pertemuan dengan cara virtual dengan para WNI di Afghanistan untuk memantau situasi dan menjelaskan tahap perencanaan pemindahan.

Tidak hanya itu, Penguasa Indonesia pula lalu melakukan komunikasi dengan seluruh pihak di Afghanistan dan dengan perwakilan Perserikatan Bangsa- Bangsa( PBB) dan perwakilan asing yang lain di Afghanistan.

Baca Juga :   Tinggalkan Negerinya, Eks Presiden Afghanistan Ashraf Ghani Minta Maaf

Berikutnya, Penguasa Indonesia menginginkan penanganan masalah politik di Afghanistan tetap bisa dilakukan melalui cara Afghan- owned, Afghan- led, ialah dengan memajukan kebutuhan orang Afghanistan dalam perdamaian dan mengaitkan semua pihak dalam di Afghanistan.

Perdamaian dan kemantapan pastinya amat diharapkan oleh warga Afghanistan dan bumi global, demikian statment Kemlu RI.(pia)

MIXADVERT JASAPRO