Kunjungan Kerja ke Aceh dan Sumatra Utara, Menteri ATR/Kepala BPN Apresiasi Dukungan Pemerintah Daerah

JagatBisnis.com –  Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan A. Djalil melakukan kunjungan kerja ke sejumlah lokasi di Aceh dan Sumatra Utara. Ia memulai kunjungannya ke Pendopo Bupati Aceh Tamiang didampingi Kepala Kantor Wilayah BPN Aceh, Agustyarsyah pada Senin (09/08/2021). Kedatangannya disambut Bupati Aceh Tamiang, Mursil dan Wakil Bupati Aceh Tamiang, Insyafuddin.

Kunjungan kerja kali ini dalam rangka membahas pengadaan tanah jalan Tol Binjai-Langsa yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra. Tol ini akan menghubungkan Kota Langsa di Aceh dan Kota Binjai di Sumatra Utara dengan panjang kurang lebih 130,9 km, di mana pembangunan fisik hingga saat ini telah sampai pada KM 30 dan ditargetkan akan rampung pada Februari 2024.

Sejauh ini, Menteri ATR/Kepala BPN memastikan tidak ada kendala dalam proses pengadaan tanah Tol Binjai-Langsa. Kementerian ATR/BPN melalui Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumatra Utara dan pemerintah daerah berupaya mempercepat proses pengadaan tanah pada proyek tersebut sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum.

Baca Juga :   PT KAI Minta Dukungan Menteri ATR Amankan Aset

Menurutnya, Tol Binjai-Langsa akan mendorong pengembangan wilayah sepanjang tol tersebut. “Kita yakin akan mampu menyelesaikan sesuai dengan harapan. Tidak ada permasalahan. Pembangunan dimulai dari Binjai, mudah-mudahan 2023-2024 sampai ke Langsa. Dengan tol ini, Aceh Timur, Tamiang, Langsa akan berkembang,” ujar Sofyan A. Djalil dalam kesempatan tersebut.

Keesokan harinya, Selasa (10/08/2021), Menteri ATR/Kepala BPN meninjau langsung progres pembangunan jalan Tol Binjai-Langsa di Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. Usai peninjauan, ia didampingi Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumatra Utara, Dadang Suhendi mengunjungi Kantor Pertanahan Kota Medan untuk melihat pelayanan pertanahan yang sedang berlangsung.

Baca Juga :   Diskusikan Sengketa Pertanahan di Gili Trawangan, Menteri ATR/Kepala BPN Pastikan Keadilan bagi Masyarakat dan Pemerintah Daerah

Dalam kunjungannya, Sofyan A. Djalil disambut Kepala Kantor Pertanahan Kota Medan, Yuliandi dan Wali Kota Medan, M. Bobby Afif Nasution. Pada kesempatan ini, Ia mengapresiasi dukungan pemerintah daerah terhadap layanan pertanahan. Selain itu, ia meminta agar kantor pertanahan menjalankan administrasi pertanahan yang tertib serta mencerminkan suasana pelayanan yang baik bagi masyarakat. “Semua yang dikerjakan BPN Medan ini, dalam proses, tujuannya adalah bagaimana pelayanan masyarakat menjadi lebih baik. Saya ucapkan selamat, tingkatkan pelayanan, terima kasih Pak Wali Kota memberikan dukungan kepada Kantor Pertanahan Kota Medan,” tuturnya.

Baca Juga :   Tingkatkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Kementerian ATR/BPN Perbarui Aplikasi Komputerisasi Kegiatan Pertanahan Secara Berkala

Pada kesempatan yang sama, Menteri ATR/Kepala BPN menyaksikan Wali Kota Medan meresmikan loket pelayanan Kantor Pertanahan Medan Co-Working Space Ramah Difabel, juga berinteraksi langsung dengan masyarakat yang mengurus permohonannya sekaligus melihat perkembangan pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Medan.

Usai mengunjungi Kantor Pertanahan Kota Medan, Menteri ATR/Kepala BPN berkesempatan untuk bertemu dengan Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi. Dalam pertemuan tersebut, ia mengucapkan terima kasih karena Pemerintah Provinsi sangat suportif dalam mendukung kegiatan pertanahan di Sumatra Utara. Menutup kunjungannya, Menteri ATR/Kepala BPN memberikan arahan kepada seluruh jajaran Kanwil BPN Provinsi Sumatra Utara. (srv)

MIXADVERT JASAPRO