Kolaborasi Zipmex, JXB dan Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Petugas Kemanusiaan dengan Berikan 3.320 Paket Santapan Sehat di 7 TPU Covid-19

JagatBisnis.com – Pandemi Covid-19 membawa banyak cerita, khususnya bagi garda terdepan yang berhadapan langsung dengan kasus-kasus COVID-19 di lapangan. Salah satu di antaranya adalah personil Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) yang bekerja di berbagai Tempat Pemakaman Umum (TPU) penerima pasien COVID-19.

PJLP sendiri secara umum mengacu pada penyedia jasa yang ditugaskan di berbagai dinas dengan jenis pekerjaan yang disesuaikan dengan dinas terkait. PJLP menjadi pihak yang mengerjakan berbagai tugas operasional dalam kaitannya mengelola kota, sehingga menjadi lebih indah, teratur dan nyaman.

Beberapa di antaranya adalah Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), pasukan hijau (Dinas Pertamanan), pasukan biru (Dinas SDA), pasukan kuning (Dinas Bina Marga), petugas keamanan (Pamdal), dan pasukan pelangi lainnya. Dalam penanganan COVID-19, PJLP yang bertugas adalah petugas penggali kubur, pembersih makam, supir mobil jenazah, dan penjaga makam.

Berkolaborasi dengan Jakarta Experience Board (JXB), Zipmex Indonesia mengapresiasi kerja keras petugas PJLP dan memberikan santapan sehat bagi para petugas. Jakarta Experience Board (JXB)/PT Jakarta Tourisindo adalah BUMD DKI yang bergerak di sektor pariwisata dan perhotelan, ekonomi kreatif dan beautifikasi kota.

JXB saat ini mengelola tujuh unit hotel, beberapa di antaranya digunakan sebagai akomodasi bagi para tenaga kesehatan yang bertugas dalam penanganan Covid-19 di DKI Jakarta. Ada 3.320 paket santapan sehat yang dibagikan ke tujuh TPU mulai 30 Juli hingga 3 Agustus 2021. Santapan sehat diberikan dua kali sehari yaitu makan siang dan makan malam.

Ketujuh TPU tersebut antara lain TPU Rorotan, TPU Pondok Ranggon, TPU Bambu Apus, TPU Tanah Kusir, TPU Srengseng Sawah, TPU Kampung Kandang dan TPU Utan Kayu. Melalui aksi #ZipmexPeduliPJLP, Zipmex berharap santapan sehat tersebut dapat menyemangati sekaligus menunjang imunitas para petugas. Terlebih melihat kasus COVID-19 yang belum kunjung reda.

“Kontribusi PJLP dalam program penanganan pandemi COVID-19 seperti ini sama pentingnya dengan tenaga kesehatan. Petugas PJLP harus mengorbankan waktunya dan berpisah dengan keluarga mereka untuk sementara waktu demi tugas kemanusiaan. Demi menyiapkan perpisahan terakhir antara pasien dan keluarga, petugas PJLP mesti menjalankan tugas siang dan malam. Oleh karena itu, kami berharap melalui makanan sehat ini, petugas PJLP dapat terus semangat. Pandemi ini pasti berakhir, dan kita pasti bisa melaluinya bersama-sama,” kata Raymond Sutanto, Co-Founder Zipmex Indonesia.

Zipmex menyadari bahwa kontribusi PJLP begitu penting dan sayangnya kerap terlupakan semasa pandemi. Semasa COVID-19, petugas PJLP di beberapa TPU harus siaga memenuhi panggilan pekerjaan yang tidak kenal waktu. Pada pertengahan Juli lalu, PJLP di TPU Rorotan harus memakamkan hingga lebih dari 100 jenazah per hari.

Hanya dalam hitungan hari, tanah lapangan di TPU Rorotan berubah dipenuhi papan nisan dan gundukan. Hingga saat ini, kasus positif COVID-19 di Jakarta telah mencapai angka 817.354, sekitar 15,3 persen dari jumlah keseluruhan kasus di Indonesia. Jumlah yang tinggi ini hanya dapat dikendalikan dan ditangani melalui kolaborasi beragam lapisan masyarakat.

Direktur Utama JXB, Novita Dewi menjelaskan bahwa program ini menjadi wujud kolaborasi antara Pemerintah, BUMD dan Pihak Swasta. “Kami menyambut baik berbagai program kolaborasi sebagai upaya untuk mendukung program penanganan Covid-19 yang dicanangkan oleh pemerintah. Bantuan apapun menjadi sangat signifikan agar kita dapat saling rangkul di masa yang penuh tantangan ini,” ujar Novita.

Hal ini sejalan dengan arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang dalam sambutan pada webinar Rekan Indonesia Februari 2021 lalu, mengatakan bahwa penanganan pandemi harus dilakukan melalui kolaborasi kolosal dari berbagai unsur. Rekan-rekan PJLP sendiri merasa perhatian yang diberikan dapat menjadi semangat baru untuk terus melaksanakan pekerjaan dengan sepenuh hati.

“Apresiasi yang tak kalah penting buat kami adalah doa. Doakan saja agar kami selalu sehat sehingga bisa terus melakukan pekerjaan ini,” tutur salah satu petugas saat donasi dibagikan.
Aksi #ZipmexPeduliPJLP ini merupakan bagian dari program #ZipmexPeduli, sebuah rangkaian program yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat terdampak COVID-19. #ZipmexPeduliPJLP adalah wujud apresiasi Zipmex pada PJLP,yang turut berkontribusi dalam program penanganan COVID-19, khususnya di Jakarta yang menjadi lokasi penyebaran tertinggi di Indonesia.

Sebelumnya, #ZipmexPeduli juga telah memberikan donasi berupa makanan siap santap ke Wisma Atlet, Rusun Nagrak, Rusun Pasar Rumput, masyarakat isoman, lansia pra-sejahtera, dan merevitalisasi 10 dapur umum untuk masyarakat terdampak COVID-19 di Jakarta. *Semua aktivitas pembagian makanan maupun proses pengambilan dokumentasi dalam program ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain memberikan semangat kepada para rekan PJLP, diharapkan program ini dapat menginspirasi masyarakat untuk saling berbuat baik dan memotivasi kolaborasikolaborasi lainnya.(hab)

MIXADVERT JASAPRO