BMKG Prakirakan Gelombang Sangat Tinggi di Perairan Selatan Jawa Timur

Ilustrasi nelayan di tengah gelombang yang tinggi

JagatBisnis.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Perak menghasilkan peringatan dini hal kemampuan terbentuknya gelombang laut amat besar di wilayah perairan selatan Jawa Timur.

Kordinator Bidang Pemantauan dan Informasi BMKG Perak Sutarno, saat dikonfirmasi, Rabu, 4 Agustus 2021, mengatakan, gelombang amat besar antara 4 hingga dengan 6 meter berpotensi terjadi di perairan selatan Jawa Timur.

” Gelombang amat besar berpotensi terjadi di wilayah selatan Jawa Timur dan pula di Samudra Hindia,” ucapnya.

Baca Juga :   Kapal Penumpang Bulukumba-Selayar Sempat Tak Terpantau Akibat Cuaca Estrem

Beliau mengatakan, keberadaan awan cumulonimbus yang besar dan hitam pula dapat menaikkan kecekatan angin dan besar gelombang. Ketinggian gelombang diperkirakan berdasarkan gelombang penting, gelombang maksimal bisa mencapai 2 kali ketinggian gelombang penting.

” Oleh karena itu harap diperhatikan keamanan pelayaran untuk perahu nelayan dengan ketinggian gelombang 1, 25 meter, kapal tongkang dengan ketinggian gelombang 1, 5 meter, kapal serat dengan ketinggian gelombang 2 meter, kapal fery ketinggian gelombang di atas 2, 5 meter dan kapal besar dengan ketinggian gelombang di atas 4 meter,” ucapnya.

Baca Juga :   Jakarta Dilanda Hujan Badai

Beliau pula menjelaskan, dengan cara biasa kecekatan angin bagus itu di wilayah selatan dan utara Pulau Jawa berkisar antara 5 hingga dengan 25 knot.

” Kita akan lalu berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dengan informasi gelombang besar di perairan Jawa Timur ini,” ucapnya.

Di bagian lain, BMKG Juanda menghasilkan peringatan dini hujan keseriusan sedang sampai rimbun diiringi petir dan angin cepat sedetik pada siang dan petang hari di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga :   Awas, Depok Jadi Pusat Badai

Dengan cara biasa cuaca di Jawa Timur pagi hari terang, mendung, dan kabur siang- sore hari terang, mendung, hujan ringan- sedang, dan hujan rimbun diiringi petir. Malam hari terang, mendung, kabur, dan hujan ringan- sedang.

Temperatur udara berkisar antara 15- 34 bagian celsius, humiditas udara antara 50- 95 persen, dan kecekatan angin berkuasa dari timur- tenggara dengan kecekatan 05- 40 kilometer per jam.(pia)

MIXADVERT JASAPRO