Joe Biden Mirip Peramal Sebut Jakarta Tenggelam 10 Tahun Lagi, Ini Kata Ariza

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

JagatBisnis.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membantah pernyataan Presiden Amrekia Serikat Joe Biden terkait 10 tahun lagi Jakarta akan tenggelam. Ariza menyebutkan bahwan pihaknya terus mempersiapkan berbagai program serta melakukan berbagai cara mengatasi rob di Jakarta Utara khususnya.

“DKI juga terus mempersiapkan sejumlah program untuk mengatasi rob di Jakarta Utara. Jadi Insya Allah Jakarta 10 tahun lagi tidak tenggelam,” kata Ariza di Jakarta, Sabtu (31/7/2021).

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakatta ininpun mengakui tanah di Ibu Kota memang berkontur dataran rendah, tapi bukan berarti kekhawatiran Joe Biden bakal terjadi 10 tahun mendatang.

Baca Juga :   Sebut Putin Penjahat Perang, Hubungan Rusia-Biden di Ambang Kehancuran

“Di Jakarta memang setiap tahun ada penurunan muka tanah. Namun demikian tidak berarti 10 tahun kemudian Jakarta terendam,” ujarnya.

Sebelumnya, Joe Biden memperingatkan Ibu Kota Indonesia, yaitu Jakarta, terancam tenggelam dalam 10 tahun mendatang. Pernyataan itu disampaikan Biden saat berbicara tentang perubahan iklim di kantor Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat pada Selasa, 27 Juli 2021.

Biden mengatakan, pemerintah Indonesia yang memindahkan Ibu Kotanya dari Jakarta ke Kalimantan, karena permukaan air terus naik. “Tapi apa jadinya, apa jadinya di Indonesia kalau proyeksinya tepat, 10 tahun ke depan mungkin ibu kota harus pindah karena akan berada di bawah air?” kata dia.

Baca Juga :   Wagub DKI Sebut Jakpus Jadi Episentrum COVID-19

Untuk mencegah Jakarta tenggelam, Riza menuturkan, Pemerintah DKI menggencarkan program percepatan pipanisasi agar mampu menyalurkan air bersih ke rumah warga. Dengan begitu, diharapkan tak ada lagi warga yang menggunakan air tanah dan membangun pompa di rumah masing-masing. “Mudah-mudahan ini juga dapat mengurangi penurunan muka tanah,” ujar dia.

Baca Juga :   Dituding Ada Kecurangan Dalam Proses Tender Formula E, Ini Bantahan Wagub DKI

Prediksi Jakarta bakal tenggelam pelan-pelan telah diungkapkan sejumlah ahli. Dalam tulisan berjudul ‘Jakarta, the fastest-sinking city in the world,’ media BBC menulis bahwa Jakarta akan tenggelam pada 2050.

Peneliti dari ITB Heri Andreas mengatakan potensi Jakarta bakal tenggelam berdasarkan hasil penelitian terhadap penurunan tanah di Jakarta selama 20 tahun. “Jika kita melihat model kita, pada tahun 2050 sekitar 95 persen Jakarta Utara akan terendam,” katanya seperti dikutip dari BBC.(hab)

MIXADVERT JASAPRO