Tekno  

Kuartal ll, Google Raup Keuntungan Rp897 Triliun

JagatBisnis.com –  Google terus menunjukkan kemajuan pada kinerja bisnisnya pada tahun ini. Hal itu dilakukan setelah dunia di landa pandemi Covid-19 dan tahun lalu bisnisnya mengalami kemerosotan. Terbukti, pada kuartal kedua tahun ini, perusahaan induk Google, Alphabet melaporkan pendapatan sebesar USD61,9 miliar atau sekitar Rp897 triliun (kurs Rp 14.500).

“Pendapatan ini mengalami peningkatan hingga 62 persen dari kuartal ll tahun lalu. Sehingga laba perusahaan juga meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi USD18,5 miliar atau sekitar Rp268 triliun. Saham Alphabet pun langsung meroket 3 persen,” aku CEO Google Sundar Pichai, dalam keterangan resmi yang dikutip Rabu (28/7/2021).

Dia menjelaskan, sebagian besar pertumbuhan kinerja bisnis itu didorong oleh bisnis periklanan inti Google. Bisnis itu membukukan pendapatan sebesar USD50,4 miliar. Pendapatan iklan dari platform video perusahaan YouTube melonjak 84 persen menjadi USD7 miliar.

Baca Juga :   Google Doodle Tampilkan Noken Papua

“Upaya berkelanjutan untuk mendiversifikasi bisnis kami di luar periklanan online juga mulai membuahkan hasil,” tegasnya

Baca Juga :   Begini Cara Menghemat Kuota Internet saat Google Meet Aktif

Dia menjelaskan, bahkan, investasi perusahaan dalam kecerdasan buatan dan bisnis cloud telah berkembang pesat. Investasi itu telah menyusutkan kerugian kuartalan menjadi USD591 juta dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pendapatan Google Cloud juga melonjak 54 persen menjadi USD4,6 miliar.

Baca Juga :   Aplikasi Google Shopping Resmi Ditutup

“Pada Q2, ada gelombang peningkatan aktivitas online di banyak bagian dunia, dan kami bangga bahwa layanan kami membantu begitu banyak konsumen dan bisnis. Investasi jangka panjang kami di AI dan Google Cloud juga membantu kami mendorong peningkatan signifikan dalam pengalaman digital semua orang,” tutup Pichai. (esa)

MIXADVERT JASAPRO