Ekbis  

Lewat Radio dan Webinar, Bea Cukai Beberkan Berbagai Ketentuan Ke Masyarakat

JagatBisnis.com – Geliat mengedukasi masyarakat terkait berbagai ketentuan pabean, cukai dan berbagai fasilitas terus dilakukan oleh Bea Cukai di berbagai daerah. Kegiatan sosialisasi dilakukan menggunakan berbagai media seperti radio dan webinar, dengan sasaran masyarakat umum hingga mahasiswa.

“Sangat bermanfaat, apalagi banyak media yang bisa kita maksimalkan untuk mengedukasi masyarakat. Semoga disambut baik oleh masyarakat, tentu dengan memanfaatkan segala pelayanan dan fasilitas yang kami berikan,” ungkap Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai, Sudiro.

Di Tulungagung, Bea Cukai Blitar bekerjasama dengan Radio Perkasa mengadakan talkshow bertemakan kemudahan impor tujuan ekspor bagi industri kecil menengah (KITE IKM) bertempat di Studio Radio Perkasa.

Baca Juga :   Bea Cukai Fasilitasi Ekspor UMKM di Bogor dan Yogyakarta

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong berbagai IKM di Tulungagung untuk berani merambah pasar ekspor. Diketahui bahwa hasil produksi IKM di Tulungagung memiliki kualitas baik, yang mampu bersaing di pasar internasional. Untuk itu Bea Cukai hadir dengan memberikan fasilitas KITE IKM agar masyarakat dapat mengimpor bahan baku, mesin, atau barang contoh tanpa perlu dikenakan bea masuk, PPN dan PPNBM yang membantu menekan biaya produksi. Selain itu, di Bea Cukai Blitar juga terdapat klinik ekspor yang dapat dimaksimalkan oleh pelaku usaha untuk mendapat asistensi.

Baca Juga :   Bea Cukai Kediri Gagalkan Pengiriman 1,2 Juta Batang Rokok Ilegal

“Dengan berbagai fasilitas yang diberikan, harapan kami IKM akan bangkit dan mendukung program pemerintah dalam pemulihan ekonomi, apalagi tata cara ekspor dan mendapatkan Surat Keputusan KITE IKM sangat mudah dan cepat,” jelas Sudiro.

Di Jawa tengah, Bea Cukai Kudus melakukan kegiatan sosialisai mengenai potensi dan realisasi penerimaan kepada mahasiswa Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, pada Kamis (22/07). Ini merupakan rangkaian acara Seminar Online Dema Fakultas Syariah IAIN Kudus yang mengangakat tema Potensi dan Realisasi Penerimaan Bea dan Cukai terhadap Pembangunan Daerah.

Baca Juga :   Yakinkan Ekspor itu Mudah, Bea Cukai Asistensi Pelaku Usaha

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan tugas dan fungsi pokok Bea Cukai yang kaitannya dengan pembangunan daerah. Dalam kegiatan ini disampaiakn beberapa materi seperti potensi serta realisasi dari penerimaan Bea Cukai, potensi dan data Industri wilayah Kudus, penerapan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) dan pembekalan kepada mahasiswa terkait rokok ilegal.

“Semoga ini menjadi bekal yang baik bagi para mahasiswa, selain mengenal tugas dan fungsi Bea Cukai, kami harap para mahasiswa semakin mengenal potensi industri yang ada di wilayahnya, sehingga dapat mereka kembangkan nantinya,” pungkas Sudiro.(srv)

MIXADVERT JASAPRO