Tekno  

Instagram Bisa Kirim Pesan Rahasia, Gunakan Fitur Ini

JagatBisnis.com  – Instagram resmi merilis fitur bernama Vanish Mode pada September 2020 lalu. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengirim pesan atau chat via Direct Messege (DM) Instagram dengan pengguna lain secara rahasia. Hal ini karena pesan akan terhapus apabila kedua pengguna sudah keluar dari room chat. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Mengutip dari laman Forbes, vanish mode ini dapat digunakan untuk berkirim pesan hingga lebih dari lima belas pengguna secara rahasia. Seperti namanya, fitur ini membuat pesan yang dikirim lenyap dan tidak akan muncul di riwayat obrolan. Dengan demikian, fitur vanish mode cocok digunakan untuk berbagi sesuatu yang konyol atau mendiskusikan perihal lain tetapi enggan menyimpannya.

Pengaplikasian vanish mode juga terbilang mudah bagi para pengguna Instagram. Sebagaimana dilansir dari laman First Post, berikut cara mengaktifkan mode lenyap atau vanish mode dalam berkirim pesan lewat DM Instagram.

Baca Juga :   Tidak Lama Lagi Instagram Bakal Ubah Tampilan Feed

Bagi pengguna baru harus terlebih dahulu menginstall aplikasi Instagram. Sementara itu, diperlukan mengupdate versi tebaru dari Instagram untuk pengguna lama. Kemudian, masuk ke menu direct messege yang terletak di bagian pojok kanan atas layar.

Pilih pengguna lain yang akan dikirimi pesan seperti menggunakan direct messege pada umumnya. Lalu, swipe atau gulirkan kolom chat ke atas guna mengaktifkan vanish mode. Nanti akan terdapat notifikasi berupa ‘Swipe up to turn on Vanish Mode’.

Baca Juga :   Tidak Lama Lagi Instagram Bakal Ubah Tampilan Feed

Apabila kolom chat sudah berwarna hitam, maka menandakan vanish mode sudah aktif. Pengguna sudah dapat mengirimkan pesan baik teks, foto, ataupun video seperti biasa.

Apabila ingin mengakhiri vanish mode, pengguna cukup meninggalkan room chat bersama dengan pengguna lain sebagai penerima pesan.

Sebagaimana dilansir laman Newsweek, perlu diingat, vanish mode baru akan aktif jika si penerima pesan menyetujui untuk menggunakan vanish mode pada obrolannya. Selain itu, pengguna perlu menonaktifkan fitur vanish mode apabila ingin melakukan percakapan normal di DM Instagram. Dengan demikian, semua pesa normal akan muncul kembali dan warna kolom chat juga akan kembali normal.

Baca Juga :   Ini yang Bikin Facebook dan Instagram Populer sepanjang Ramadan 2022

Fitur sejenis vanish mode atau pesan rahasia sejatinya telah lebih dahulu diluncurkan oleh aplikasi Snapchat. Namun, apabila mengaktifkan vanish mode pada snapchat maka seluruh percakapan sebelumnya yang tersimpan pada mode normal akan menghilang. Di samping itu, pesan baru akan menghilang setelah 24 jam.(hab)

MIXADVERT JASAPRO