Erick Thohir Rombak Komisaris Pertamina, Ahok Tetap Komut

JagatBisnis.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kembali merombak jajaran komisaris PT Pertamina (Persero). Kali ini terdapat tiga nama baru yang diangkat menjadi komisaris di perusahaan energi pelat merah itu.

Ketiganya yakni Heru Pambudi sebagai Komisaris serta Ahmad Fikri Assegaf dan Iggi Haruman Achsien sebagai Komisaris Independen. Keputusan itu ditetapkan Melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina.

“Pengangkatan dan pemberhentian anggota dewan komisaris dilakukan melalui RUPS sebagai salah satu kewenangan pemegang saham,” ujar Pjs Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman dalam keterangannya, Minggu (4/17/2021).

Baca Juga :   Program Solar untuk Nelayan di Cilacap Resmi Diluncurkan

Penunjukan dewan komisaris baru Pertamina itu tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-222/MBU/07/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina. Keputusan itu ditetapkan pada 2 Juli 2021.

Dalam surat keputusan tersebut, pemegang saham mengukuhkan pemberhentian dengan hormat kepada Isa Rachmatarwata sebagai Komisaris Perusahaan Perseroan yang dijabat sejak Desember 2019.

Baca Juga :   ID FOOD Sediakan Pom Minyak Goreng Curah di Pasar Tradisional

Selain itu, memberhentikan pula dengan hormat Condro Kirono sebagai anggota Dewan Komisaris dan David Bingei sebagai Anggota Dewan Komisaris Independen Pertamina sejak 2019 dan 2020.

Fajriyah mengatakan, Pertamina pun telah menerima salinan surat keputusan dari pemegang saham mengenai perubahan susunan dewan komisaris perseroan.

“Kepada ketiga komisaris yang telah berakhir masa jabatannya, Pertamina mengucapkan terima kasih atas segala sumbangan tenaga dan pikirannya selama memangku jabatannya tersebut,” kata Fajriyah.

Baca Juga :   Sentra Vaksinasi BUMN Tingkatkan Animo Lansia untuk Divaksinasi

Dengan pengangkatan tiga komisaris baru tersebut, maka susunan komisaris Pertamina saat ini menjadi:

– Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok: Komisaris Utama

– Pahala Nugraha Mansury: Wakil Komisaris Utama

– Ego Syahrial: Komisaris

– Alexander Ley: Komisaris

– Heru Pambudi: Komisaris

– Ahmad Fikri Assegaf: Komisaris Independen

– Iggi H Achsien: Komisaris Independen.(hab)

MIXADVERT JASAPRO