BAZNAS Perkuat Program Darurat untuk Penanggulangan Covid-19

JagatBisnis.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) berperan aktif dalam upaya penanggulangan Covid-19 di Indonesia. Melalui berbagai program yang diusung, BAZNAS terus melakukan berbagai aksi, kegiatan, dan upaya preventif guna menanggulangi pandemi yang telah terjadi sejak 2020 lalu. Terlebih saat ini kondisi di Indonesia akibat pandemi Covid-19 terus meningkat dalam beberapa waktu terakhir.

“BAZNAS bergerak cepat merespons meningkatnya kasus Covid-19 dengan membuat delapan program darurat, yang turut didukung oleh 11 lembaga program BAZNAS beserta relawan yang selalu siap terjun langsung membantu mereka yang membutuhkan,” ujar Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad, M.A, di Jakarta, Jumat (2/7).

Noor memaparkan, delapan program darurat itu di antaranya, Bantuan Paket Penggali Kubur yang berjumlah 560 paket; Bantuan 30 Paket Pemulasaraan Jenazah untuk penyintas Covid-19; Dukungan 500 Paket Ruang Isolasi di Rusunawa Nagrak Cilincing; Oksigen Bagi Faskes di Jabodetabek yang mencapai 200 unit; Bantuan 100 APD Penggali Kubur untuk pemakaman pasien Covid-19; Bantuan Pemulasaraan Jenazah Isolasi Mandiri; Bantuan 1000 Paket Imun untuk nakes, mustahik penyintas Covid-19, sopir ambulans; dan Bantuan 20 Tenda Darurat untuk faskes se-Jabodetabek dalam upayanya membantu pasien.

Baca Juga :   BAZNAS RI Dukung Indonesia Jadi Anggota Tetap FATF

Berbagai program ini, menurut Noor, sebagai bentuk implementasi dukungan dana zakat, infak, dan sedekah dalam rangka mendukung program pemerintah untuk penanggulangan Covid-19.

“Program ini merupakan bentuk support dari BAZNAS, kepada mereka yang berjuang di garda terdepan dalam melawan pandemi. Seperti kita ketahui bersama, para tenaga medis, tukang gali kubur, petugas pemulasaraan jenazah, sopir ambulans, tak henti-hentinya bekerja siang malam dalam menangani pandemi ini. Selain tentunya para pasien Covid-19 dan keluarga terdampak yang terus menjadi perhatian BAZNAS,” ujar Noor.

Tim BAZNAS juga beberapa kali terjun langsung dalam membantu menangani pasien Covid-19. Salah satunya dalam pemulasaraan jenazah pasien, tim BAZNAS beserta seluruh relawan bekerja tak mengenal waktu dan tempat, karena selalu ada permintaan pemulasaraan, baik dari pihak RSDC Wisma Atlet Kemayoran maupun dari warga yang memerlukan bantuan.

“Contohnya pada 27 Juni lalu, pada siang harinya BAZNAS melakukan pemulasaraan jenazah di Ciputat, Tangerang Selatan. Kemudian setelah baru saja selesai, tim BAZNAS langsung meluncur ke Jagakarsa, Jakarta Selatan, untuk membantu pemulasaraan jenazah lainnya. Proses pemulasaraan berjalan lancar tanpa hambatan berarti,” katanya.

Baca Juga :   Hari Raya Idul Adha Segera Tiba, Begini Cara Berkurban Online di BAZNAS

BAZNAS, kata Noor, terus melakukan komunikasi intensif dengan beberapa pihak termasuk RSDC Wisma Atlet Kemayoran dalam membantu menangani pasien Covid-19. Karena menurut Noor, dalam mengatasi pandemi dibutuhkan kerja sama dan gotong royong berbagai pihak termasuk lapisan masyarakat.

“Sesuai dengan salah satu tujuan BAZNAS agar terwujudnya hubungan saling tolong menolong dalam kebaikan di tengah masyarakat, maka BAZNAS terus memberikan yang terbaik dan upaya maksimal agar kita semua bisa secepatnya keluar dari krisis akibat pandemi,” kata Noor.

Sementara itu, Pimpinan BAZNAS RI yang membawahi Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan, M.A. menambahkan, selain bantuan paket darurat, BAZNAS juga memiliki program dalam membantu sisi perekonomian masyarakat yang telah berjalan dan akan terus dilanjutkan. Karena pandemi ini tak hanya berimbas kepada aspek kesehatan saja, namun ekonomi keluarga juga terkena dampaknya, terlebih keluarga pekerja rentan.

“Sejak awal pandemi tahun lalu, BAZNAS telah menjalankan program-program ekonomi, di antaranya Cash for Work, Paket Logistik Keluarga, Dukungan UMKM, Pemberdayaan Warteg, ,Zmart, ZChicken, ZCD, Paket Ramadhan Bahagia, dan lainnya yang telah berjalan. Berbagai program itu akan terus dilanjutkan. Yang terbaru, BAZNAS juga merencanakan Family Healing Kit untuk membantu masyarakat yang tengah dalam isolasi mandiri di rumah. Upaya ini merupakan langkah strategis BAZNAS untuk membantu masyarakat keluar dari krisis akibat pandemi,” kata Saidah.

Baca Juga :   Sasti Anjana Widhasti, Peserta Beasiswa Riset BAZNAS Berhasil Lulus dengan Predikat Cumlaude hingga Ikuti Konferensi Internasional

Dalam memaksimalkan program ini, kata Saidah, BAZNAS RI turut mengerahkan 1.465 personel response team, 12 personel pemulasaraan, 200 nakes di 7 RSB, dan 279 unit ambulans yang siap siaga kapan pun dibutuhkan.

Selain itu dalam upayanya melawan pandemi, BAZNAS telah rutin melakukan beberapa langkah preventif di berbagai daerah, di antaranya pemeriksaan kesehatan, pembagian masker dan hand sanitizer, melayani swab antigen, menyediakan wastafel sehat, menyalurkan APD untuk petugas medis, dan lain-lain.

“Sejalan dengan tujuan bersama untuk melawan Covid-19, maka BAZNAS mengimbau kepada masyarakat di mana pun berada untuk terus menerapkan protokol kesehatan ketat, menjaga jarak dan memakai masker. Karena kondisi saat ini sudah mengkhawatirkan. Mari terus jaga kesehatan. Jika ada kesempatan vaksin, harus digunakan sebaik-baiknya untuk membentuk ‘herd immunity’ agar kita bisa hidup nyaman lagi seperti dulu,” pungkas Saidah.(HAB)

MIXADVERT JASAPRO