Ekbis  

Digitalisasi Distribusi, CCEP Indonesia Gandeng Warung Pintar Group

JagatBisnis.com – Untuk mendistribusikan produknya, Coca-Cola Europacific Partners (CCEP) Indonesia bekerjasama dengan Warung Pintar Group. Kerjasama kali ini dalam mendigitalisasi sistem distribusi ke warung atau toko kelontong tradisional tanpa mendisrupsi distributor resmi yang sudah bekerja sama dengan CCEP Indonesia.

Direktur Marketing CCEP Indonesia, Lakshman Peiris, mengatakan, kerjasama ini sebagai salah satu strateginya untuk mendapatkan data persebaran produk yang lebih transparan. Sehingga data tersebut bisa digunakan sebagai dasar dalam menginisiasi strategi distribusi maupun pemasaran secara optimal.

“Karena dengan kerjasama ini memungkinkan kami untuk mendapatkan transparansi data konsumen dan potensi persebaran produk ke lebih dari 500 ribu warung di dalam ekosistem Warung Pintar Group ke depannya. Jumlah warung pun akan terus bertambah seiring dengan pertumbuhan Warung Pintar yang ditargetkan memiliki 1.000.000 warung dalam 3 tahun ke depan,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (30/6/2021).

Menurutnya, sebagain salah satu jalur distribusi terbesar di Indonesia, informasi persebaran produk yang didapat oleh setiap stakeholder di dalam ekosistem warung masih asimetris. Untuk brand, hal ini mengakibatkan perencanaan strategi yang tidak tepat sasaran dan pemilik warung yang mendapatkan harga stok barang lebih tinggi dari seharusnya.

“Sebagai sebuah bisnis, kami secara konsisten berinvestasi dalam sistem dan teknologi terdepan. Hal itu kami lakukan untuk mendukung proses manufaktur dan distribusi di Indonesia. Saat ini kami memperluas upaya disrupsi digital ke garda depan bisnis untuk mendukung strategi pertumbuhan sebagai fokus utama dengan memanfaatkan berbagai channel online yang ada,” ungkapnya.

Sementara itu, CEO Warung Pintar Group, Agung Bezharie menambahkan, sejak berdiri 2017 hingga kini pihaknya terus mengembangkan solusi teknologi terintegrasi yang menjawab permasalahan di setiap level distribusi dalam ekosistem warung, mulai dari brand, distributor, pedagang grosir, hingga pemilik warung.

“Bagi brand, seperti CCEP Indonesia tidak hanya mendapatkan data distribusi yang relevan, tetapi juga dapat langsung
menerapkan strategi distribusi dan pemasaran yang lebih cepat, efisien, dan terarah dalam ekosistem kami,” terangnya.

Dia menjelaskan, dengan kerjasama ini pihaknya bisa memvalidasi keberadaan Warung Pintar Group dalam menjawab permasalahan seluruh pihak di alur distribusi general trade dari berbagai skala.

“Diharapkan kerjasama ini dapat mendukung upaya kami untuk bertumbuh lebih pesat melalui penyediaan data dan integrasi channel distribusi, serta mengoptimalkan inisiatif pemasaran,”tutupnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO