Ekbis  

Amankan Perbatasan, Bea Cukai Entikong Lakukan Patroli Gabungan

JagatBisnis.com – Sebagai upaya menjaga keamanan Nasional, Bea Cukai Entikong secara aktif melakukan pengawasan di wilayah perbatasan Indonesia – Malaysia. Pada kesempatan ini, Bea Cukai Entikong melakukan patroli gabungan bersama dengan Satgas Pamtas Yonif 643/WNS, Polisi Sektor Sekayam, Imigrasi Entikong dan Karantina Perikanan.

Kepala Kantor Bea Cukai Entikong, Ristola Nainggolan mengatakan, patroli gabungan kali ini dilakukan di wilayah pengawasan Dusun Segumon, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, pada Kamis (26/06). “Kita awali dengan apel pagi, dilanjutkan patroli dengan rute dari wilayah Segumon menuju Gunabanir. Meskipun medan cukup sulit, namun rute ini kami pilih, karena dari hasil pemetaan diketahui wilayah tersebut merupakan wilayah yang rawan penyelundupan,” imbuhnya.

Tidak hanya dengan beberapa instansi terkait, dalam patroli gabungan kali ini juga terasa lebih istimewa dengan turut hadir unit anjing pelacak (K-9) Bea Cukai yang berasal dari Kanwil Bea Cukai Kalimantan Barat. Untuk mendukung kegiatan kali ini, dikerahkan 2 orang dog handler beserta anjing K9 nya.

Baca Juga :   Pacu Perekonomian Nasional, Bea Cukai Gali Potensi Ekspor dan Dorong Pemanfaatan Fasilitas

Tidak sia-sia, dalam patroli tersebut, petugas berhasil mengamankan beberapa barang diduga barang selundupan. “Kami tremukan 3 karung berisi minuman beralkohol (MMEA) yang hendak diselundupkan, ditemukan di semak sekitar perkebunan kelapa sawit pada rute yang dilewati,” ungkap Ristola.

Baca Juga :   Papua Logistic Ecosystem Bukti Keseriusan Pemerintah Pulihkan Ekonomi Nasional

Sebagai salah satu instansi penjaga perbatasan Indonesia – Malaysia, Bea Cukai Entikong senantiasa bersinergi dengan berbagai instansi terkait dalam mengamankan perbatasan dari masuknya barang-barang terlarang. “Kami akan berusaha semaksimal mungkin menjaga perbatasan NKRI, sudah kewajiban kami, tentu demi Indonesia dan Bea Cukai yang makin baik,” pungkas Ristola.(srv)

MIXADVERT JASAPRO