Ekbis  

Ini Sederet Manfaat dari Kegiatan Customs Visit Customer yang Dilakukan Bea Cukai

JagatBisnis.com –  Bea Cukai kembali melaksanakan program customs visit customer (CVC) yang bertujuan tidak hanya memberikan asistensi kepada para pengguna jasa, namun juga sebagai upaya pengawasan untuk meningkatkan kepatuhan pengguna jasa.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai, Sudiro, mengungkapkan, “lewat program CVC Bea Cukai tidak hanya melakukan asistensi, tetapi juga berupaya untuk mengetahui proses bisnis para pengguna jasa lebih dalam sehingga jika ada kendala bisa dihadapi. Selain itu kegiatan CVC dilakukan untuk memantau kepatuhan para pengguna jasa,” ungkap Sudiro.

Kegiatan CVC untuk memantau kepatuhan pengguna jasa kali ini dilakukan oleh Bea Cukai Bitung yang mengunjungi PT Sinar Pure Foods International. Dalam kunjungannya, Bea Cukai Bitung melakukan pemeriksaan terhadap stock opname, melakukan spot check, serta memeriksa IT Inventory yang merupakan salah satu persyaratan penyelenggaraan kawasan berikat.

Baca Juga :   Melalui Audiensi, Bea Cukai Soekarno-Hatta Bahas Fasilitas KITE Dengan OPPO Manufacturing Indonesia

Selain itu, untuk menggali potensi para pelaku usaha di wilayah Kabupaten Kotabaru, Bea Cukai Kotabaru melakukan kunjungan ke salah satu perusahaan di sana. Meskipun di tengah pandemi Covid-19, kegiatan ekonomi dengan produksi berupa komoditas hasil kelautan dan perikanan masih dapat berjalan di Kotabaru.

Baca Juga :   Penyelundupan Narkotika Lewat Paket Kiriman Kembali Digagalkan Bea Cukai Bogor

Di wilayah Sumatera Utara, Bea Cukai Belawan memberikan asistensi kepada PT Leong Hup Jayaindo. Dalam pelaksanaan CVC kali ini dilakukan diskusi dan sharing session terkait kegiatan ekspor impor melalui Pelabuhan Belawan. Dalam kesempatan tersebut Bea Cukai Belawan juga melihat proses bisnis perusahaan mulai dari pengolahan bahan baku, proses produksi, pemasaran dan kegiatan ekspor yang dilakukan perusahaan. Tidak hanya itu, di kesempatan yang sama Bea Cukai juga menyampaikan upaya pengendalian gratifikasi sebagai langkah menuju zona integritas di Bea Cukai Belawan. (srv)

MIXADVERT JASAPRO