Ekbis  

Bea Cukai Semarang Ungkap Penyelundupan Rokok yang Disamarkan dengan Barang Rongsok

JagatBisnis.com –  Bea Cukai Semarang amankan jutaan batang rokok ilegal yang dibaurkan dengan rongsok botol plastik bekas di Jalan Tol Srondol – Jatingaleh KM 432 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Berdasarkan surat jalan dan keterangan sopir truk bersangkutan, barang yang diangkut adalah botol plastik dan besi yang diangkut dari malang dengan tujuan Cikampek.

Kepala Kantor Bea Cukai Semarang, Sucipto, pada Kamis (24/06) mengatakan penindakan rokok ilegal yang terlaksana pada tanggal 14 Juni 2021 tersebut berawal dari informasi intelijen bahwa terdapat sarana pengangkut truk jenis colt diesel warna kuning yang diduga memuat rokok ilegal.

“Kami pun menindaklanjuti informasi tersebut, pada tanggal 14 Juni 2021 sekitar pukul 11.00 WIB petugas melakukan kegiatan patroli darat dan kami mengidentifikasi sarana pengangkut dengan ciri-ciri sesuai informasi dimaksud. Kemudian petugas melakukan penghentian dan pemeriksaan truk. Dengan didampingi supir, petugas melanjutkan pemeriksaan terhadap muatan sarana pengangkut. Dari hasil pemeriksaan terdapat kemasan kotak terbungkus karung dan setelah dibuka ditemukan 75 koli rokok yang tidak dilekati pita cukai bebagai merk yang dibaurkan dengan 14 koli karung yang berisi rongsok botol plastik bekas,” lengkapnya.

Baca Juga :   Gerakkan Laju Perekonomian Daerah, Bea Cukai Beri Izin Kawasan Berikat ke Perusahaan CPO

Dalam penindakan tersebut, menurut Sucipto, petugas mengamankan barang hasil penindakan berupa 1.194.460 batang rokok ilegal berbagai merek tanpa dilekati pita cukai dengan nilai Rp 1.218.349.200 dan estimasi kerugian negara yang berhasil diamankan senilai Rp800.670.427.

Baca Juga :   Bersinergi Dengan Instansi Lain, Bea Cukai Bogor Kembali Amankan Narkotika Ilegal

Selanjutnya tim membawa sarana pengangkut beserta pengemudi untuk dilakukan pemeriksaan mendalam. Berdasarkan hasil penyidikan telah ditetapkan dua orang tersangka dengan inisial AF dan SRB. “Penindakan ini merupakan bentuk komitmen Bea Cukai Semarang dalam melindungi masyarakat dari peredaran rokok ilegal dan untuk mengamankan pendapatan negara,” tutupnya.(srv)

MIXADVERT JASAPRO