TikTok Tingkatkan Skill dan Kualitas Konten untuk Jadi Kreator Profesional

JagatBisnis.com – Penggunaan platform digital yang terus bertambah di masa pandemi ini membuka kesempatan bagi siapapun untuk menjadi kreator dan membagikan karya atau kontennya di platform digital. TikTok sebagai platform digitalpun menjadi salah satu wadah kreativitas kreator untuk saling berbagi dan menginspirasi.

Potensi kreator konten sebagai pekerjaan profesional juga mulai menarik perhatian pengguna platform digital. TikTok, platform distribusi video singkat, berbagi insight mengenai dunia kreator serta potensi kreator dalam mengembangkan karir sebagai kreator profesional.

“Belajar dan bekerja dari rumah membuat kegiatan offline harus shifting ke kegiatan online yang akhirnya menghadirkan tren dalam pembuatan konten termasuk video singkat. Hal ini juga menjadi salah satu faktor hadirnya kreator-kreator baru di dunia digital,” kata Joeden, Head of Partnership & Development StarHits, Multi-Channel Network, anak perusahaan MNC Studios International Tbk (MSIN).

“Kreator dan kategori konten yang beragam juga membuat brand memiliki lebih banyak variasi dalam berkolaborasi dengan kreator untuk mengamplifikasikan strategi pemasarannya di platform digital.”

Baca Juga :   TikTok Hapus Tantangan Berbahaya

Joeden juga memaparkan kemunculan kreator-kreator baru ini membuat persaingan semakin ketat, oleh karena itu kreator dituntut untuk menciptakan kreativitas baru, konten yang orisinil dan konsistensi pada konten yang disajikan.

Kreativitas baru ini mengubah tren konten yang sebelumnya lebih banyak fokus pada entertaining content dan menggunakan format video panjang menjadi konten yang informatif seperti tips dan dan tutorial dalam format video pendek. Tetapi meskipun persaingan cukup ketat, para kreator juga cenderung lebih senang untuk saling berkolaborasi dan mendukung kontennya satu sama lain.

TikTok sebagai platform inklusif yang menyediakan platform bagi siapa pun untuk mengekspresikan kreativitasnya juga melihat potensi yang dapat ditingkatkan oleh kreator untuk meningkatkan kualitas konten yang semakin bermanfaat dan semakin kreatif sehingga dapat lebih terhubung dengan komunitas TikTok.

Pengembangan potensi kreator ini menjadi salah satu fokus program TikTok #SamaSamaBelajar yang bertujuan untuk memberikan kesempatan dan akses yang sama kepada setiap orang untuk belajar dan menginspirasi hal-hal baru. Upaya pengembangan potensi bagi kreator ini diwujudkan dalam bentuk TikTok Class, sebuah pelatihan bagi siapapun yang ingin membuat konten kreatif dan edukatif di TikTok.

Baca Juga :   TikTok Prediksi Konsep Shoppertainment Mendominasi Periode Mega Sales

Selain itu, untuk menumbuhkan semangat berbagi konten yang inspiratif dan juga berkualitas pada generasi muda, TikTok juga mengadakan TikTok University Week yang akan dilaksanakan segera di 8 kota di Indonesia dengan menghadirkan top kreator edukasi TikTok sebagai salah satu pembicara untuk saling berbagi inspirasi dan tips dalam membuat konten edukasi yang menarik dan kreatif.

“Konsistensi dalam membagikan konten dan mempertahankan ciri khas konten menjadi salah satu unsur penting yang perlu diperhatikan kreator di TikTok. Kami juga mendorong kreator untuk meningkatkan kualitas kontennya sehingga dapat memberikan inspirasi dan dampak positif yang lebih luas dan besar bagi pengguna lain” kata Angga Anugrah Putra, Head of Operations, TikTok Indonesia.

Baca Juga :   Viral, Di Dalam Sel Tahanan Napi Joget TikTok

“Oleh karena itu, kami berharap program pelatihan TikTok Class dan TikTok University Week yang ditujukan untuk kreator ini dapat memberikan manfaat bagi kreator yang ingin meningkatkan skill dan menjadi kreator profesional.”

Program #SamaSamaBelajar adalah program yang fokus untuk menghadirkan konten edukasi di platform digital di tahun 2020. Setelah mendapatkan sambutan yang positif dari masyarakat, program ini kembali dilanjutkan di tahun 2021 dan didukung oleh Kemendikbudristek untuk memberikan akses dan kesempatan yang sama kepada siapa pun untuk belajar dan berbagi inspirasi kepada masyarakat melalui konten edukasi di TikTok.

Konten-konten edukasi lainnya dapat dilihat pengguna dengan mengunjungi tagar #SamaSamaBelajar di aplikasi TikTok. Konten edukasi dengan tagar #SamaSamaBelajar saat ini telah menempati top konten di TikTok, dengan total jumlah views lebih dari Rp67 Miliar.(HAB)

MIXADVERT JASAPRO