Unilever dan Shopee Dorong Konsumen Online Tanah Air Terapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan

JagatBisnis.com – Unilever dan Shopee telah membangun sebuah kemitraan yang bertujuan untuk menciptakan rumah, komunitas, Indonesia, dan juga planet yang bersih. Kedua perusahaan bertekad untuk berbagi peran dalam mempromosikan perilaku ramah lingkungan kepada konsumen Indonesia, dan mengajak keterlibatan masyarakat untuk tidak lagi sekedar eco-concerned atau memiliki kepedulian terhadap lingkungan, tapi menjadi eco-active yang aktif melakukan aksi nyata dengan tindakan ramah lingkungan.

Kevin Stefano, Head of Homecare Ecommerce Unilever Indonesia mengatakan, pihaknya melihat kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kelestarian lingkungan mengalami peningkatan, namun seringkali tidak tahu bagaimana aksi sederhana mereka bisa mendorong perubahan positif untuk lingkungan.

Untuk itu pihaknya bermitra dengan Shopee melalui inisiatif ‘Rumah Bersih, Indonesia Lestari’ untuk mengedukasi konsumen Indonesia agar semakin cerdas dan bijak dengan cara melihat 4 (empat) hal dalam memilih produk.

Baca Juga :   ShopeePay Terintegrasi MyTelkomsel, Ini Promonya!

“Pertama sumber bahan baku, apakah bahan baku yang digunakan dalam produk tersebut berasal dari sumber yang bertanggung jawab. Kedua, manfaat sosial, apakah produknya memberikan manfaat sosial atau manfaat kepada masyarakat. Ketiga, lingkungan lestari, apakah produknya memiliki upaya pelestarian lingkungan. Keempat, Purpose, apakah produknya memiliki purpose atau tujuan mulia. Inisiatif ini sejalan dengan komitmen besar Unilever untuk ‘Menciptakan Masa Depan yang Bersih dan Lestari’ (Clean Future),” katanya.

Upaya-upaya yang sejalan dengan komitmen Clean Future telah Unilever Indonesia mulai sejak lama. Misalnya, sejak tahun 2019 pabrik Powder Non-Soap Detergent (NSD) yang memproduksi Rinso dan Molto sudah mulai menggunakan energi terbarukan, yaitu energi biomassa dari cangkang sawit yang bisa diperbarui. Sederetan brand dari kategori Home Care Unilever Indonesia juga telah mulai menjalankan inisiatif untuk menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan, baik untuk kemasan, maupun formulasi produk.

Baca Juga :   Kaldu Jamur dan Sayuran Bisa Jadi Bumbu Masak Andalan

Salah satu contoh nyata adalah penggunaan 100% plastik hasil daur ulang untuk botol Rinso, Molto, Wipol dan Sunlight, yang telah membantu Unilever Indonesia bergerak maju menuju bahan baku terbarukan untuk kemasan-kemasannya. Contoh lainnya adalah peluncuran rangkaian produk Sahaja dengan surfaktan dan parfum yang dapat terurai di lingkungan.

Inisiatif ‘Rumah Bersih. Indonesia Lestari’ akan dilakukan melalui platform Shopee dan kanal media sosial kedua brand ini.

Putri Lukman, Head of FMCG Shopee Indonesia mengatakan, pihaknya percaya perubahan yang sesungguhnya hanya bisa terjadi melalui kolaborasi. Portfolio produk home care Unilever di Indonesia adalah yang kedua terbesar di seluruh dunia, sementara Shopee juga merupakan platform e-commerce yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga :   Rinso Gandeng Anteraja Fasilitasi Pengiriman Pilah Sampah Plastik Gratis

“Untuk itu, kami meluncurkan program terbaru ‘Rumah Bersih. Indonesia Lestari’ di platform Shopee yang memiliki jangkauan sangat luas, menyoroti bagaimana produk home care Unilever diformulasi, diproduksi, dan dikemas untuk mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan. Memanfaatkan teknologi, platform dan jangkauan luas yang kami miliki, kami berupaya untuk mendorong dan mengedukasi konsumen untuk membuat dampak positif terhadap lingkungan yang lebih bersih, salah satunya melalui always-on campaign page ‘Rumah Bersih. Indonesia Lestari’ di Shopee, dimana pengguna dapat mengakses koleksi produk perawatan rumah Unilever dan edukasi akan inisiatif ramah lingkungan yang dapat digalangkan dari rumah,” katanya.(HAB)

MIXADVERT JASAPRO