Ekbis  

Kolaborasi Bea Cukai Tanjung Emas Lakukan Ekspor Perdana Produk Perikanan

JagatBisnis.com – Dalam rangka mendukung peningkatan ekspor produk perikanan secara nasional, Bea Cukai Tanjung Emas menghadiri pelepasan ekspor perikanan Jawa Tengah Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, di Semarang.

Kegiatan yang mengusung tema “Indonesia Satu Ekspor” menjadi rangkaian kegiatan pelepasan ekspor yang terpusat di Terminal Peti Kemas Kota Jakarta dengan dihadiri oleh Menteri Keuangan dan Menteri Kelautan dan Perikanan. Di Semarang sendiri. Pelepasan ekspor perdana ini dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan didampingi oleh Kepala BKIPM Jawa Tengah, Gatot Perdana dan dihadiri perwakilan Bea Cukai Tanjung Emas.

”Pelaksanaan ekspor ini merupakan penanda kebangkitan dari produk laut dan perikanan asal Jateng.” ungkap Ganjar.

Baca Juga :   Bersama Instansi Lain, Bea Cukai Sosialiasikan Ketentuan Cukai Lewat Radio

Di lain kesempatan, Kepala Bea Cukai Tanjung Emas, Anton Martin, mengungkapkan, bahwa kegiatan ekspor yang dilakukan BKIPM kali ini merupakan hasil kerja keras antar instansi serta perwakilan pengusaha di Jawa Tengah.

Baca Juga :   Bea Cukai Semarang dan Satpol PP Demak Gagalkan Pengiriman Paket Kargo Berisikan 48.000 Batang Rokok Ilegal

“Ekspor yang dilakukan BKIPM Semarang sebanyak 584 ton ini menjadi bukti keikutsertaan daerah Jawa Tengah dalam kegiatan ekspor nasional yang berguna meningkatkan ekonomi Indonesia. Ekspor kali ini dengan nilai 52 Milyar ke Amerika, Cina hingga Jepang hasil perikanan dan kelautan Jawa Tengah berupa daging rajungan, surimi, dan udang,” ungkap Anton

Baca Juga :   Lindungi Pelaku Usaha Dalam Negeri dan Jaga Stabilitas Ekonomi, Bea Cukai Musnahkan Jutaan Barang Ilegal

Melalui kolaborasi dan sinergi yang dijalin antara Bea Cukai, BKIPM serta Pemprov Jawa Tengah diharapkan mendukung dan mengawasai proses regulasi ekspor, sehingga ekspor produk lokal dapat terus meningkat. Hal ini berkaitan langsung pengingkatan kembali pergerakan roda perekonomian Indonesia di bidang kelautan di masa Pandemi. Harapan akhirnya semoga dapat berefek positif pada Pemulihan Ekonomi Nasional. (srv)

MIXADVERT JASAPRO