Viral, Lelaki Makassar Ini Beri Uang Paniak Rp1.33 Miliar saat Lamaran

JagatBisnis.com –  Acara lamaran dengan uang panaik fantastis kembali terjadi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Uang panai atau panaik sebuah acara lamaran sepasang kekasih di Kota Makassar itu mencapai Rp 1,33 miliar.

Hal ini dilakukan oleh Ruli Astaman, seorang pria yang ingin melamar kekasihnya Nurlela Ismail. Hingga saat ini, belum diketahui latar belakang kedua calon pengantin. Yang jelas, lamaran dengan uang sebanyak itu belum banyak terjadi.

Mengutip akun Instagram @info.update, acara lamaran tersebut berlangsung di Hotel Four Points by Sheraton, Jalan Andi Djemma Kota Makassar, Minggu 23 Mei 2021 siang. Prosesi lamaran tersebut dilangsungkan dalam adat Bugis yang disebut Mappettuada.

Baca Juga :   Viral, Tahanan Curhat Minta Polisi Tangkap Orang Biar Ada Teman

Akun Instagram tersebut menyebutkan, jumlah tersebut belum termasuk cincin perhiasan sebagai bentuk pengikat kedua calon pengantin. Karena biasanya, cincin tersebut akan dibeli secara terpisah.

Baca Juga :   Pria yang Meninggal Usai Hirup Napas Pasien Covid Ternyata Hoax

Sebenarnya, besaran uang panaik pun berbeda-beda tergantung dari status calon mempelai wanita beserta latar belakang keluarganya. Misalnya, jika calon pengantin wanita mengenyam pendidikan hanya sampai pada tingkat SMA, uang panai yang harus disiapkan berkisar pada angka Rp50 juta.

Sedangkan untuk mereka yang berhasil menyelesaikan pendidikan sampai tingkat S1, uang panainya bisa sampai 150 juta. Apalagi jika status pendidikan sudah sampai pada tingkat S2. Wah, makin enggak kebayang deh berapa uang yang harus dikeluarkan.

Baca Juga :   Pencuri Terekam CCTV saat Bersusah Payah Masuk Lewat Jendela

Akan tetapi, terlepas dari besarnya jumlah uang panai, tradisi ini sebenarnya ingin menyampaikan bahwa wanita adalah sosok yang memang layak untuk dihargai lebih.

Bukan ingin menjual anak gadis seperti kebanyakan pikiran masyarakat, hanya saja tradisi uang panai suku Bugis Makassar ini mengisyaratkan bahwa memang seperti itulah perjuangan untuk mendapatkan wanita pujaan hati.(HAB)

MIXADVERT JASAPRO